Kabupaten Muara Enim Kekurangan Tenaga Pendidik Tingkat PAUD

/ Jumat, 05 Agustus 2022 / 15.05.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MuaraEnim-Pemerintah kabupaten Muara Enim berharap ada penambahan taman bermain bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri di kabupaten Muara Enim. Pasalnya dari seluruh PAUD yang tersebar di 22 kecamatan di kabupaten Muara Enim, baru ada 9 PAUD yang sudah berstatus Negeri.

"Keinginan kita tidak muluk-muluk, minimal di 22 Kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim ada satu PAUD Negeri," harap Pj. Sekda Muara Enim H. Riswandar saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka bagi satuan PAUD se-Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2022  dan optimalisasi penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim, di ballroom hotel Griya Sintesa, (04/08).

Menurut Riswandar, selain adanya penambahan PAUD Negeri, juga adanya penambahan tenaga pendidik untuk PAUD itu sendiri yang berstatus PNS. Bayangkan saja, dari ratusan PAUD yang ada di Kabupaten Muara Enim, hanya segelintir saja tenaga pengajarnya yang sudah berstatus PNS. Bahkan ada yang hanya kepala sekolahnya saja yang PNS, sedangkan lainnya adalah honor atau swasta. 

Meskipun sebelumnya, penerimaan guru di Kabupaten Muara Enim terbilang banyak, sebab ada sebanyak 2111 tenaga guru yang dialokasikan pada penerimaan PPPK periode 2021/2022 lalu, namun kekurangannya masih cukup banyak dan perlu diusahakan bersama.

"Sesuai keinginan Bupati, ia menginginkan dan berkomitmen akan terus menjaga agar kualitas pendidikan di Bumi Serasan Sekundang menjadi lebih baik," tegasnya.

Untuk itu, dirinya berharap semoga melalui Bimtek implementasi kurikulum Merdeka ini akan mampu menyikapi dan mengatasi berbagai kendala pada sistem pembelajaran kedepan terutama dalam kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, agar para peserta Bimtek dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, dengan aktif bertanya kepada para narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Sementara itu ditambahkan Ketua Panitia, Sri Hidayati bahwa kegiatan tersebut diikuti peserta satuan PAUD dari masing-masing kecamatan, dengan menghadirkan sekitar 100 tenaga pendidik PAUD yang berasal dari 22 kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim. Kegiatan diadakan selama tiga hari dari tanggal 4-6 Agustus 2022. Adapun Narasumber di antaranya dari Dra Lestari Kusumawardhani MHum dari Ditjen PAUD & Dikdasmen dan Dra Yulita Handini MM dari Balai Guru Penggerak. (PS/EDWARD)

Komentar Anda

Terkini: