Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Longsor di Jalinsum Kabupaten Toba

/ Senin, 29 Agustus 2022 / 22.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TOBA-Kapolda Sumatera Utara, (Sumut) Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, meninjau lokasi bencana longsor dan banjir bandang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Tarutung. Longsor sebelumnya terjadi pada Minggu (28/8/2022) di  Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. 

Kedatangan Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak disambut Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb bersama Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, Danramil 12 Lumbanjulu Kapten Inf Sati Husaini.

Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, penyebab terjadi bencana longsor karena air yang cukup deras dari atas Desa Jangga Dolok sampai ke bawah. Akibatnya  beberapa rumah, termasuk juga arus lalul lintas mengakibatkan macet yang cukup panjang. 

"Melihat apa yang menjadi penyebabnya, beberapa hal saya sudah sampaikan kepada Wakil Bupati, harus segera diatasi. Pemerintah daerah harus merapatkan barisan untuk mengatasi kesulitan masyarakat kita yang tertimpa bencana ini," kata Panca Putra Simanjuntak, Minggu (28/8/2022).

Bukan hanya mengatasi bencana itu, Panca Putra Simanjuntak juga mengajak masyarakat dan membuat program untuk jauh ke depan dalam menanggulangi bencana banjir atau tanah longsor .

"Misalnya, kenapa debit air yang cukup besar dari atas gunung itu, harus bisa diatasi dengan mempertahankan kondisi hutan dan alam yang ada didalamnya," ujar Panca.

"Perlu ada relokasi, di mana masyarakat bisa tinggal. Dan inilah langkah yang dilakukan," terangnya.(PS/RED)

Komentar Anda

Terkini: