Maju Ketingkat Provinsi, PAAR Desa Mondang Terus Lakukan Persiapan

/ Sabtu, 27 Agustus 2022 / 19.26.00 WIB
Hubban Hasibuan S. Sos M. Kes Sekretaris Dinas PP dan PA Tapsel sedang memberikan pengarahan kepada Ibu PKK Kecamatan dan Desa

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Desa Mondang Kecamatan Sayurmatinggi melakukan berbagai persiapan demi mendapatkan prestasi terbaik di tingkat provinsi, dikarenakan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Desa Mondang akan mengikuti lomba Desa Binaan  mewakili Kabupaten Tapanuli Selatan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara  tahun 2022.


Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Selatan Hubban Hasibuan S. Sos M. Kes  saat berkunjung ke desa binaan  kategori PAAR Desa Mondang Jum'at (26/8-2022)

Lanjut Hubban Hasibuan, pihak desa Mondang sudah melakukan  berbagai kegiatan persiapan, yakni dengan melakukan pendataan warga oleh kader PAAR, kemudian Penerapan pembinaan oleh PKK atau kader PAAR Desa Mondang yang diberikan kepada keluarga binaan, contohnya, pola asuh anak dan remaja pada bidang kesehatan yaitu kebersihan lingkungan rumah dan penanamn toga ( tanam obat keluarga). Intinya mampu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mewujudkan desa yang memiliki pola asuh anak dan remaja dengan cinta dan kasih sayang yang positif” ujar Hubban Hasibuan. 


Adapun kreteria penilaian tambah menurut Hubban Hasibuan,  yaitu, jumlah keluarga binaan yg memiliki anak prestasi usia anak sampai 18 tahun, kemudian PKK melakukan binaan baik masalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), Penyuluhan dan penyalahgunaan narkoba, dan Pembinaan  Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).
Selanjutnya Pembinaan atau penyuluhan pola asuh anak usia sekolah dan remaja, adanya peran serta pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, tokoh masyarakat dan agama, serta pembinaan keagamaan terhadap orangtua binaan dan  anak usia sekolah dan remaja.

Untuk itu, Sekretaris Dinas PPdan PA yang akrab disapa Hubban ini, meminta dukungan kepada masyarakat, agar PAAR Desa Mondang bisa meraih prestasi terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“ Kami mohon dukungan dan do’a kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan agar PAAR Desa Mondang dapat menang dalam perlombaan desa binaan di tingkat Provinsi”kata Laki Laki yang berbadan tinggi dan tegap ini. 

Untuk kesuksesan Desa Mondang,  sukses untuk perlombaan tingkat Provinsi Sumatera Utara, Dinas Permberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Tapanuli Selatan sudah melaksanakan  sosialisasi pola asuh anak yang benar, membentuk kader yaitu pertama kader bela negara  yang membinanya yaitu  babinsa bhabinkamtibmas," ujar Hubban Hasibuan. 

Seterusnya sudah membentuk kader P4 (pedoman penghayatan pancasila) yaitu  kalau anak anak sudah memaknai pancasila sebanyak  45 butir.  Kita sudah tentram, seterusnya  sudah membentuk kader PKDRT yang tertuang di UU nomor 23 tahun 2022 tentang kekerasan dalam rumah tangga," pungkasnya. 


Setelah dibentuk kadernya,  seterunya Kita melaksanakan simulasi, " ujar Hubban Hasibuan mengakhirinya. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: