Mantap, Majelis Ta'lim Uswatun Hasanah Pangurabaan Bagi Bagi Bubur kepada Masyarakat

/ Selasa, 09 Agustus 2022 / 10.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIPIROK-Majelis Ta'lim Uswatun Hasanah Desa Pangurabaan setelah dua tahun belakangan ini tidak terlaksana masak bubur Asyura karena covid 19. Tahun ini 1444 H/ 2022 M kembali dilaksanakan Senin (8/8-2022) Desa Pangurbaan Kecamatan Sipirok. Pasca covid-19 pengajian uswatun kembali bagikan bubur kepada warga masyarakat. 



Pengajian ini di ketui Ibu Masdewi Hasibuan atau lebih akrab dipanggil Mak Ubay menjelaskan ini semua terjadi karena kajian Ustadz atau Pembimbing kami H  Akhirul Pane, MA setiap pada bulan Muharram, ini praktek apa yang diajarkan kepada kami pungkasnya.

 Sementara Ustadz H Akhirul Pane, MA menyampaikan ini adalah tradisi yang terus dilaksanakan dan ditingkatkan karena ini merupakan bentuk pengungkapan rasa syukur atas keselamatan yang selama ini diberikan Allah SWT. 

Jika dirujuk menurut sejarah atau asal usulnya, bubur Asyura ternyata sudah ada sejak masa Nabi. Nabi Nuh kala bersama kaumnya yang beriman selamat dari banjir besar dengan menaiki perahu," ujarnya

Lebih lanjut disampaikannya," Terkait dengan Asyura adalah hari kesepuluh bulan Muharram. Pada hari ini Rasulullah menyuruh kita berpuasa yang dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu. Dan pada hari ini disuruh bersedekah.

 Dijelaskan lagi oleh Ketua PD DMI Kabupaten Tapanuli Selatan"  ini mari kita lestarikan budaya ini walaupun ini ditransfer dari budaya Melayu dan dari Riau.

 Semoga di tahun ini lebih meningkatkan pengalaman beragama dibandingkan tahun lalu," pungkasnya. 

 Bubur ini dibagikan kepada anggota dan kepada orang tua jompo sekitaran Pangurabaan. Ompu Muti, omp Tomy, omp Roudhah dan Ibrahim Saragi yang mewakili jemaah menyampaikan semoga kita semua anggota berjumlah 65 orang dan keluarganya apalagi Ustadz yang selalu memberikan kajian kajian Dunia Akhirat diberikan kesehatan untuk di tahun tahun yang akan datang agar dapat melaksanakannya diamini seluruh anggota pengajian Uswatun Hasanah," harapnya. (PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: