Menteri Agama RI, Hadiri Pelantikan PW GP Ansor Sumut di Laguboti

/ Sabtu, 20 Agustus 2022 / 09.29.00 WIB

Foto : Mentri Agama RI, H.Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan sambutan. 

POSKOTASUMATERA.COM - TOBA - Menteri Agama Republik Indonesia, H.Yaqut Cholil Qoumas hadir langsung dalam acara Pelantikan Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Provinsi Sumatra Utara (Sumut) di Gedung Serbaguna IT Del, Laguboti, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Jumat kemarin (19/8/2022).

PW GP Ansor Sumut periode 2019-2023 yang akan dilantik ialah Wakil Bupati Serdang Bedagai, H.Adlin Umar Yusri Tambunan,ST,M.SP sebagai ketua, bersama sejumlah pengurus lainnya. 

Amatan media, Rombongan Menteri Agama RI yang turun menghadiri pelantikan pengurus GP Ansor Sumut, disambut hangat oleh Bupati Toba, Ir.Poltak Sitorus bersama Forkopimda, dan didampingi Bupati Deli Serdang, Bupati Serdang Bedagai, sejumlah pengurus GP Ansor Pusat dan Wilayah, serta Cabang. 

Tak ketinggalan juga, sejumlah pengurus organisasi masyarakat dan pemuda lainnya juga tampak hadir di pelantikan PW GP ansor Sumut, diantaranya PSI, GAMKI, PP, IPK, dan PBB

Menteri H.Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyebutkan bahwa pelantikan pengurus GP Ansor ini sempat tertunda, karena situasi pandemi Covid-19. Namun saat ini, keadaan mulai membaik kendati Covid-19 belum sepenuhnya hilang. 

Dirinya berharap dibawah kepemimpinan Adlin Tambunan, PW GP Ansor ini akan jauh lebih baik dari sebelumnya . 

"Ketua  ini termuda se-Indonesia yang berusia 35 Tahun. Harapan besar, saya titip Ansor," katanya dihadapan ribuan anggota Ansor dan Banser.

Menteri Yaqut Cholil Qoumas yang juga sebagai Ketua Umum GP Ansor ini juga berpesan kepada seluruh kader ,anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) agar selalu taat kepada pemimpin.

"Tapi juga mengingatkan pemimpin ,jangan biarkan ketika pemimpin mulai lupa akan janji dan sumpah yang diucapkan pada pelantikan," kata Gus Yaqut.

"Ingat kalian pengurus, mengurusi kader dan anggota, jangan jadi anggota mengurus pemimpin," sambungnya.

Diingatkan juga, bahwa tagar (#) Ansor hari ini, NU adalah masa depan. Artinya gambaran baik Ansor hari ini, juga baik bagi masa depan Nahdlatul Ulama (NU). Dimana salah satu pilar tujuan NU adalah menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini merupakan amanah Gusdur dan patut dijalankan, tentang pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama dan menjaga ketentraman beribadah bagi saudara saudara penganut agama lain. 

"Sesulit apapun rintangan pasti akan bisa ditaklukkan," tukasnya.

Bupati Toba, Poltak Sitorus pada kesempatannya mengucapkan terima kasih karena dipilihnya Kabupaten Toba menjadi tempat Pelantikan GP Ansor  Provinsi Sumut.

Ia juga mengatakan hal ini tidak terlepas dari masyarakatnya yang majemuk dan menjunjung tinggi plularisme.

“Kami masyarakat Toba, komitmen menjaga kebersamaan dan kekompakan. Terima kasih atas kesediaan berkunjung ke Toba yang iklimnya sejuk dan pemandangannya indah,” katanya.

Bupati Toba berharap, kedatangan Menteri Agama RI ke Toba menjadi motivasi untuk menjalin hubungan yang baik antar sesama.

Atas nama  Pemerintah dan masyarakat Toba, Ia mengucapkan selamat kepada  Ketua Adlin Tambunan, dan seluruh pengurus yang baru dilantik.

“Kehadiran Ansor sangat dibutuhkan ditengah masyarakat majemuk, karena dapat membentuk pemuda Indonesia yang tangguh," tuturnya.

(PS/FT)

Komentar Anda

Terkini: