Simulasi ANBK di SMA N 1 Sipirok Berjalan Aman Dan Lancar.

/ Selasa, 09 Agustus 2022 / 11.22.00 WIB

Kasek SMA N 1 Sipirok Ardi Hasibuan SH M.Pd

POSKOTASUMATERA.COM-SIPIROK-Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)  yang diikuti 19 orang khusus kelas X (Sepuluh)   di SMA N 1 Sipirok selama dua hari yaitu Senin dan Selasa (8-9 Agustus 2022 ) berjalan aman dan lancar. 

Kasek SMA N 1 Sipirok Ardi Hasibuan SH M. Pd didampingi PKS kurikulum Juni Pasaribu S Pd  menjelaskan Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utra untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar," ujarnya. 

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan," ujarnya. 


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi
Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat," pungkas Kepala SMA N 1 Sipirok. 

Pihaknya berharap setelah ujian nanti anak anak kami semaunya sudah bisa menggunakan fasiltas ANBK, "  pungkasnya mengakhiri. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: