Yayasan Amanda Gelar Lomba Hias Taman Kemerdekaan RI Ke - 77 Tahun

/ Rabu, 17 Agustus 2022 / 22.24.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Taman sekolah adalah ruang terbuka hijau yang bisa membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan karena suasananya yang asri.

Seperti halnya perpustakaan, laboratorium dan lapangan olahraga. Taman sekolah juga merupakan fasilitas yang bisa menunjang kegiatan para siswa di sekolah karena berkaitan dengan kenyamanan.

Kehadiran taman sekolah cenderung sangat dibutuhkan oleh mereka yang berada di lingkungan perkotaan karena ruang terbuka hijau bisa dibilang masih terbatas.

Sama halnya dengan taman kota yang mulai bermunculan di sejumlah titik di kota besar, taman sekolah juga bisa jadi pemasok oksigen jika ditanami dengan aneka pepohonan, sehingga membuat suasana di sekitarnya jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Berangkat dari hal tersebut, Yayasan Amanah Ayah dan Bunda (Amanda) yang bergerak dibidang pendidikan anak usia dini (PAUD), menggelar perlombaan hias taman untuk para orang tua anak didik. Pelaksanaan perlombaan tersebut, saat menyambut hari kemerdekaan RI yang ke-77 tahun. 

Adapun tujuan perlombaan, menurut Ketua Yayasan Amanda, Ambar Lestari Utami, S.Pd, yakni taman sekolah yang cantik bisa memperindah lingkungan sekolah dan sekitarnya. Meningkatkan motivasi belajar para siswa karena lingkungan yang nyaman akan menyegarkan pikiran dan tubuh, sehingga membuat siapa pun akan betah.

"Selain mengungkapkan kegembiraan sambut hari kemerdekaan RI ke-77 tahun, menambah aktivitas menyenangkan bagi para anak didik. Karena mereka bisa merawat dan memelihara tanaman. Menumbuhkan rasa peduli dan cinta pada lingkungan. Taman juga bisa jadi pilihan tempat bagi para siswa untuk berdiskusi atau membaca, terutama bagi mereka yang merasa jenuh karena selama ini selalu berada dalam ruangan, taman bisa menjadi sarana tempat belajar anak didik usia dini,"terang Ambar ketika ditemui disela kegiatan makan bersama keluarga peserta didik PAUD Amanda di Cafe 'Ndelok Sek miliknya yang berada di Jalan Lintas Sumatera Aeknabara - Kotapinang Desa Pematang Seleng (Simpang N8) Kecamatan Bilah Hulu.

Terlihat pada perlombaan hias taman di PAUD Amanda. Perlombaan hias taman dilakukan oleh para orang tua peserta didik. Para orang tua peserta didik di PAUD Amanda antusias dan cukup berkreasi dengan memanfaatkan barang - barang  bekas untuk menghias taman. Untuk menambah keindahan tampilan, barang - barang bekas tersebut dicat dengan warna bendera, dan lainnya  sehingga jadi hiasan taman sekolah yang indah.

Barang bekas lainnya yang dimanfaatkan para orang tua adalah ban bekas untuk membuat pot tanaman, membuat meja dari ban bekas, lalu cat dengan warna sesuai selera. Kemudian memanfaatkan barang barang tak terpakai lagi, seperti ada yang memakai tutup ember cat, botol/cup bekas minuman, dan memanfaatkan tutup cat maupun mainan anak yang sudah tidak dipakai.

"Kegiatan perlombaan menghias taman ini sudah menjadi rutinitas kita setiap tahunnya. Yang diagendakan perlombaan menyambut kemerdekaan RI,"ungkap Ambar.

Adapun bentuk taman hias dari perlombaan hasil kreasi dari para orang tua anak didik Yayasan Amanda sebagai berikut :






Hadiah pemenang lomba hias taman
Yayasan Amanda 
Perlombaan menghias taman sekolah yang digelar Yayasan Amanda memperebutkan hadiah dengan total Rp.2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah). (PS/Red)











Komentar Anda

Terkini: