Ahmad Usmarwi Kaffah Menang 35 Suara di Pemilihan Wakil Bupati Muara Enim

/ Rabu, 07 September 2022 / 01.26.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-MUARAENIM-Ahmad Usmarwi Kaffah menang 35 suara dan terpilih sebagai Wakil Bupati Muaraenim Rapat Paripurna ke XVII DPRD Muaraenim dalam rangka pemungutan dan penghitungan serta penetapan Wakil Bupati Muaraenim terpilih sisa masa jabatan 2018-2023, Selasa (6/9/2022).

Ahmad Usmarwi Kaffah dengan nomor urut 1 ditetapkan sebagai Wakil Bupati Muaraenim terpilih usai mendapat 35 suara mengalahkan nomor urut 2, Muhammad Yudistira Syahputra yang memperoleh 1 suara.

Pantauan wartawan, Rapat Paripurna itu dihadiri oleh 36 dari 45 orang anggota DPRD Muaraenim. Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD Muaraenim Liono Basuki dan dihadiri oleh Pj Sekretaris Muaraenim Riswandar, Forkompimda, kepala OPD serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Proses Pemungutan Suara

Pemungutan suara tersebut diikuti oleh 36 anggota DPRD Muaraenim yang hadir dan dipandu oleh Pansus Pemilihan. Kedua saksi dari calon Wakil Bupati yang telah ditetapkan terlebih dahulu menyerahkan surat mandat yang kemudian diverifikasi Pansus Pemilihan.

Pansus Pemilihan kemudian menyampaikan tatacara pemungutan suara. Pemungutan suara dilakukan secara langsung dan tertutup. Para pemilih melakukan pemilihan dengan cara mencoblos menggunakan alat yang disediakan oleh panitia khusus pemilihan.

Para pemilih juga tidak diperkenankan membawa handphone atau kamera serta alat-alat lain yang dapat memberikan tanda pada surat suara.

Saksi dari kedua Calon Wakil Bupati kemudian melakukan pengecekan surat suara untuk memastikan kondisi dan jumlah surat suara yang berjumlah 45 surat suara ditambah 5 surat suara cadangan. Kemudian dilanjutkan pengecekan kondisi kotak suara dan bilik suara.

Setelah dilakukan pengecekan, Ketua Pansus Pemilihan membuka acara pemungutan suara secara resmi. Anggota DPRD Muaraenim yang hadir dipanggil satu per satu untuk melakukan pencoblosan.

Pemilihan itu berlangsung selama lebih kurang 30 menit, semua anggota DPRD Muaraenim yang hadir telah memberikan suara. Saksi kedua Calon Wakil Bupati kemudian mengecek jumlah surat suara tersisa.

Proses Penghitungan Suara

Usai anggota DPRD Muaraenim memberikan suara, Pansus Pemilihan selanjutnya memandu kegiatan penghitungan suara. Kotak suara dibuka dan dilakukan penghitungan jumlah surat suara yang masuk.

Penghitungan suara dilakukan secara terbuka disaksikan oleh suluruh peserta rapat paripurna yang hadir. Surat suara dibuka satu per satu dan dicek keabsahannya oleh saksi dan pansus pemilihan.

Calon Wakil Bupati Muaraenim nomor 1, Ahmad Usmarwi Kaffah menang telak dalam proses pemilihan Wakil Bupati Muaraenim dengn perolehan suara sebanyak 35 suara, sementara Calon Wakil Bupati nomor urut 2 Yudistira Syahputra hanya mendapatkan satu suara.

Berdasarkan hasil tersebut, DPRD Kabupaten Muaraenim menetapkan Ahmad Usmarwi Kaffah sebagai Wakil Bupati Muaraenim terpilih sisa masa jabatan 2018-2023.

"Menyatakan Ahmad Usmarwi Kaffah memperoleh suara sebanyak 35 suara, selanjutnya akan ditetapkan sebagai Wakil Bupati Muaraenim terpilih sisa masa jabatan 2018-2023," ungkap Ketua DPRD Muaraenim Liono Basuki. (PS/AWANG)

Komentar Anda

Terkini: