Bupati Ajak Kaum Perempuan Berpartisipasi Dalam Pembangunan

/ Minggu, 04 September 2022 / 07.23.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengajak kaum perempuan di Kabupaten Pakpak Bharat untuk turut berpartisipasi aktif dalam pembanguan dalam berbagai bidang. Menurut Bupati bahwa perkembangan zaman yang semakin maju menuntut peran perempuan dalam pembangunan sehingga banyak perempuan yang sudah membuktikan dalam berperan ganda atau mitra sejajar yang berhasil.

Hal ini disampaikan oleh Bupati dalam dalam Sosialisasi Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, Hukum, Sosial, dan Ekonomi Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat hari ini (01/09/2022) di Aula Bale Sada Arih, Kantor Bupati Pakpak Bharat.

Seiring berjalannya waktu, perempuan mulai bangkit membuktikan diri bahwa keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan, mulai dari kecerdasan perempuan-perempuan indonesia, yang telah berperan ganda dan berkiprah dalam pembangunan. Tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi terhadap pembangunan diberbagai bidang antara lain politik, hukum, budaya, ekonomi dan sebagainya, ungkap Bupati dalam sambutan tertulisnya disampaikan oleh Plt. Asisten Pemerintahan, Petrus Saragih, SE, MM.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pemerintah telah menetapkan  strategi arah kebijakan pembanguan perempuan dan perlindungan anak yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, pencegahan perkawinan usia dini. Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan Perlindungan Anak   dan Keluarga Berencana Kabupaten Bakpak Bharat berkomitmen meningkatkan peranan perempuan dalam politik dan pembangunan, diantaranya dengan meningkatkan kapasitas untuk kebijakan publik dengan memberikan kesempatan yang sama bagi profesional perempuan agar lebih banyak berkiprah dalam kebijakan publik, terutama tugas dalam perspektif gender dan responsif gender, tutur Bupati kemudian.

Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan peran serta dan partisipasi Perempuan Pakpak Bharat dalam pembangunan, menjadi agen perubahan yang handal dan profesional, serta mampu mengisi berbagai posisi baik dalam Pemerintahan, dan banyak tempat lainnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan tentunya dengan tujuan untuk Memberikan penguatan kepada kelompok perempuan tentang peran perempuan dalam bidang Bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan perempuan untuk ikut berperan dalam bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi, meningkatkan capaian Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kab. Pakpak Bharat.

Sebanyak 40 orang perempuan dari berbbagai wilayah dan seluruh Kecamatan se Kabupaten Pakpak Bharat akan mengikuti sosialisasi ini. Panitia pelaksana sengaja mengundang beberapa Narasumber penting diantaranya Ketua TP. PKK Pakpak Bharat, Anggota DPRD Pakpak Bharat, Dinas PPPA Sumatera Utara, serta LSM Pesada. (K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: