Kasek SMK N 2 Padangsidimpuan Bertekad Mencetak Manusia Siap Pakai

/ Kamis, 01 September 2022 / 20.22.00 WIB
Kasek SMK N 2 P. Sidempuan Andika Saputra Silalahi, S. Pd MM

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMK N 2 Padangsidimpuan  yang terletak di Jalan Sutan Soripada Mulia Kelurahan Sadabuan Kec. Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan tidak lagi menjanjikan masa depan cemerlang tanpa dilandasi life skil (kemampuan hidup) karena persaingan dunia kerja saat ini menuntut kemampuan seseorang pada suatu bidang bukan sebatas rangking dalam buku. 


"Hal ini momentum meningkatkan kualitas pendidikan anak Bangsa melalui skill atau keterampilan siswa/i.

Demikian disampaikan Kepala SMK N 2 Padangsidimpuan Andika Saputra Silalahi S.Pd MM kepada awak media online Kamis (1/9-2022).

Disampaikan SMK N 2  Padangsidimpuan  menerapkan proses dengan mengedepankan praktek dibanding teori untuk meningkatkan kelulusan," tutur Andika Saputra Silalahi S. Pd MM. 

Lebih lanjut disampaikan Kasek," SMK Negeri  2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 7 jurusan Jurusan Desain Permodelan Ilmu Baguban (DPIB), jurusan   Bangunan konstruksi dan properti (BKP) , jurusan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), jurusan  Teknik Audio vidio (TAV),  jurusan Tehnik permesinan(TPM),  jurusan Tehmik kenderaan ringam otomotip (TKRO) , dan jurusan  tehnik bisnis sepeda motor (TBSM) 



SMK yang sudah banyak banyak menamatkan siswa/i nya dan banyak yang sudah bekerja baik sebagai ASN, pegawai swasta , pengusaha dan wiraswasta.

 Diharapkan kepada siswa/i agar berkarya dan melatih jurusannya masing masing di rumah,  agar setelah tamat bisa menjadi manusia siap pakai. Bila ada pelajaran yang kurang dimengerti agar ditanyakan langsung kepada gurunya,  baik melalui daring atau langsung," ujar Kasek. 

Ia mengaku, baru hitungan bulan menjabat  Kepala Sekolah sudah banyak perubahan di sekolah ini baik dari segi kebersihan dan infrastruktur sekolah, " ujar Kasek. 


Ketersediaan ruang praktek memang sangat membantu aktifitas siswa-siswi di SMKN 2 Padangsidimpuan "Karya siswa sudah dapat dimanfaatkan. Seperti siswa jurusan jurusan  tehnik bisnis sepeda motor (TBSM) telah mampu membongkar pasang mesin sepeda motor," ujarnya. 

Selain itu, siswa juga telah mampu merakit sepeda motor sehingga sudah bisa dikatakan matang dan terjun ke dunia kerja. "kata Andi Saputra Silalahi, S. Pd, MM.

Begitu juga jurusan lainnya siswa/i sudah bisa dan paham dan sudah siap pakai, " beber Kasek. 

Sekolah juga mempunyai guru guru yang profesional dibidangnya masing masing . "Sehingga anak anak yang belajar di SMK N 2  Padangsidimpuan sudah teruji kemampunnya di jurusan masing masing," ungkap Kepala Sekolah.

Berbekal kemampuan tersebut, Mantan Kasek SMK 1 Arse optimis lulusan SMKN 2 Padangsidimpuan dapat menerjang kerasnya persaingan dunia kerja. Ia juga menganjurkan agar para lulusan dapat menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak perusahaan yang menjadi tempat Praktek Lapangan (PL) semasa Sekolah. "Kalau siswa berkemampuan, saya yakin akan dipanggil dan diberi kesempatan bekerja di tempat PKL nya dulu," katanya.

Ia juga menekankan kepada siswa jangan sampai bermimpi setamat sekolah langsung dapat kerja. Sebab, persaingan semakin ketat. Apalagi, banyak tamatan Perguruan Tinggi jadi pengangguran, apalagi tamat SMK.

"Kalau kita tidak punya life skill, jangan harap bisa bersaing. Nah, dengan banyak praktek ini saya berharap siswa bisa bersaing," tutur kepala sekolah yang sudah menjabat hitungam bulan ini. (PS/BERMAWI)

Tempat praktek SMK. n 2 P. Sidempuan Untuk Jurusan   tehnik bisnis sepeda motor

Komentar Anda

Terkini: