Lasro Marbun Dan Rombongan Disambut Hangat Bupati Tapsel Hidangkan Kopi Andalan Sipirok

/ Minggu, 11 September 2022 / 16.10.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, menyambut kedatangan Kepala Inspektorat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Lasro Marbun, beserta rombongan di Lapangan Parade Perkantoran Pemkab Tapsel, Jumat (9/9) pagi.

Usai senam bersama, yang menjadi unik dalam penyambutan tersebut, Bupati langsung menghidangkan Lasro Marbun dan rombongan Inspektorat Provsu untuk menikmati kopi andalan Sipirok yang sudah tersohor ke beberapa daerah bahkan Mancanegara.

“Beberapa waktu lalu saya dihubungi teman, dia ingin ekspo dan membawa Kopi Arabika Sipirok. Saya sampaikan untuk dicari Kopi Sipirok terbaik, lalu rekomendasi yang dipilih adalah produk CV. Maju Jaya lalu segera dikirim. Ternyata mendapat respon yang baik dari penikmat kopi di sana, awal dikirim kurang lebih 200 Kg. Lalu menyebar untuk ditangani secara pabrikasi dalam ton,” ujar Bupati.

Sembari demikian pihaknya mengaku mendapatkan undangan untuk di ekspose di kota-kota lain,” kata Bupati yang punya program “Jumat Ngopi Bareng” itu, kopi asli buatan Sipirok Tapsel yang diproduksi Kelompok Tani Maju Jaya, di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, telah banyak diminati masyarakat lokal bahkan Negara Luar.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Maju Jaya, Nanang Gunawan, menyampaikan bahwa, untuk grinding kopi Sipirok, saat ini sudah diekspor hingga ke Negara Qatar. Dan di Indonesia sendiri, sudah diekspor ke Pulau Kalimantan, Papua, Sulawesi Tengah, Yogyakarta, serta seluruh daerah Sumut.

“Semua itu, setiap bulannya kita rangkum untuk mencapai puluhan ton kopi yang kita kirim,” ungkap Nanang.

Dalam proses pemasaran, lanjut Nanang, selain menjual produk grinding kopi atau yang sudah jadi, Kelompok Tani Maju Jaya juga memasarkan bibit kopi ke seluruh daerah Sumut. Kalau pengolahan grinding kopinya lebih kurang sudah 4 Tahun.

“Sedangkan untuk pemasaran bibit kopinya sudah sejak tahun 2000-an sampai sekarang. Hanya saja, masih di Sumut yang kita pasarkan,” tuturnya.

Seterusnya dalam kesempatan itu, Nanang mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang sudah mendukung dalam pengembangan salah satu produk lokal Tapsel itu sehingga begitu banyak diminati penikmat kopi daerah lain

“Terima kasih terutama kepada Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati Dolly Pasaribu yang sudah mensupport kebutuhan pengolahan, seperti bimbingan tekhnis penanaman, perawatan, sampai fasilitas mesin penggiling. Kemudian juga support yang diberikan Bank Indonesia, dan PLN Peduli” tutup Nanang.

Sebagai informasi, Kepala Inspektorat Provinsi Sumut Lasro Marbun beserta rombongan, datang ke Kabupaten Tapsel dalam rangka Pembinaan Umum dan Teknis Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Tampak, Kepala Inspektorat Provsu dan rombongan sangat senang atas hidangan kopi yang disajikan Bupati Tapsel dan Kelompok Tani Maju Jaya.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: