Proyek Ipal di Ogan Baru Terindikasi Mark-up Proyek Siluman

/ Sabtu, 03 September 2022 / 16.42.00 WIB

Foto : Papan Prokes yang Terpasang Dilokasi Proyek Ipal
POSKOTASUMATERA.COM - PALEMBANG - Proyek Ipal (instalansi pengelolaan air limbah) yang terletak diwilayah RT 46 RW 08 Kelurahan Ogan Baru Kecamatan Kertapati Kota Palembang tanpa menggunakan papan proyek alias proyek siluman.

Pantauan awak media dilokasi proyek pengerjaan Ipal, Sabtu (03/09/2022) siang, tampak sejumlah pekerja sedang berkerja mengerjakan proyek tersebut. Untuk memperoleh informasi, saat ditanya siapa yang menjadi penanggung jawab atau pengawas atas pengerjaan proyek tersebut, pekerja enggan menjawab dan sibuk berkerja.

Dan terlihat benar tidak adanya papan palng proyek informasi, malah yang lucunya dilokasi proyek ditemukan papan himbauan prokes yang terpampang.

Menurut salah seorang warga setempat mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui siapa dan dana dari mana yang digunakan dalam pengerjaan proyek tersebut. Dan diketahui bahwa pengerjaan itu sudah dikerjakan dalam beberapa bulan ini.

"Baru beberapa bulan ini dikerjakan Ipal ini, saya juga tidak tahu dari mana dana proyek tersebut, karena tidak ada papan proyek," ucapnya.

Dengan tidak adanya plang informasi, kuat dugaan bahwa pengerjaan proyek Ipal tersebut telah melanggar Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010 perubahan nomor 70 tahun 2012.

Dimana Perpres tersebut mengatur setiap perkerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, kontraktor dan jangka waktu pengerjaan.

Tidak ada nya papan informasi anggaran proyek tersebut membuat jadi perbincangan berbagai pihak, apalagi bangunan sudah berjalan lebih dari satu bulan. Padahal plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan.

Kendati demikian, awak media masih mencari informasi terkait pengerjaan proyek fisik yang diduga siluman tersebut hingga berita ini ditayangkan redaksi.

(PS/RUSLAN)

Komentar Anda

Terkini: