Bawaslu Tapsel Diminta Jeli Rekrut Panwascam Titipan

/ Jumat, 14 Oktober 2022 / 19.18.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Tokoh masyarakat Tapanuli Selatan K.Simamora berharap Bawaslu kabupaten Tapanuli Selatan jeli dalam merekrut Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) titipan untuk Pemilu Serentak 2024.



Hal itu dia sampaikan 
K.Simamora kepada awak media online Jum'at (13/10-2022).


Beliau mengatakan, dalam melakukan perekrutan, Bawaslu  kabupaten Tapanuli Selatan  jangan hanya melihat syarat sebagai Panwascam dari segi kecerdasaan intelektual dan emosional saja, tetapi juga syarat spiritual. Seterusnya calon Panwascam tidak ada titipan dari oknum DPRD dari dapilnya masing masing, oknum ormas islam dan Ormas kepemudaan. Itu diperlukan untuk mendukung  Kinerja dalam membangun nilai-nilai integritas sebagai Panwaslu Kecamatan.



"Ketiga hal ini harus jadi pertimbangan Bawaslu kabupaten Tapanuli Selatan dalam melakukan rekrutmen Panwascam" kata  Simamora.



Apalagi tambah dia, rekrutmen Panwascam untuk Pemilu Serentak 2024 harus melalui tes CAT terlebih dahulu. Baginya hal ini penting guna menentukan kualitas Pemilu  Serentak 2024.



"Walaupun Bawaslu kabupaten Tapanuli Selatan sudah memiliki rekam jejak Panwascam pada Pemilu lalu, tetapi tes CAT sangat diperlukan untuk menghindari unsur kepentingan," tegasnya.


Di tempat terpisah Sapawi  dari salah satu media online mengingatkan jajaran Bawaslu Tapanuli Selatan yang akan melaksanakan Pemilu  Serentak 2024 untuk menunjukkan identitas sebagai pengawas pemilu. Karena dengan dengan identitas tersebut menurutnya bisa memunculkan rasa hormat masyarakat kepada Panwaslu.

Jangan ada Panwascam masa lalu yang mempunyai jejak rekam yang tidak bagus menang kembali menjadi Panwascam Pada Pemilu Serentak tahun 2024 ini," harapnya.


Sapawi menambahkan, identitas sebagai seorang Panwas harus dibarengi dengan nilai integritas. Agar publik mengenal dengan baik siapa dan apa saja kerja-kerja Panwas Pemilu.


"Identitas seorang Panwas harus diketahui identitasnya, karena dengan begitu dia tahu gambaran jelas akan dirinya," ungkapnya.


Terakhir beliau berharap kepada Timsel Bawaslu Tapanuli Selatan dan Bawaslu Tapanuli Selatan  agar benar benar bekerja secara profeaional dan tidak ada kepentingan siapapun terhadap Calon Panwascam agar Pemilu serentak tahun 2024 berjalan berjalan secara demokratis," ujarnya.

Rekrutmen Panwscam pada  Pilkada Tapsel  sudah mantap dan sesuai aturan. Kita berharap pada penjaringan Panwscam Pemilu Serentak tahun 2024 diharapkan berjalan sesuai aturan yang berlaku," harapnya.(PS/TIM)
Komentar Anda

Terkini: