Kopenaker Humbahas, "Cetak" SDM Siap Saing dan Mandiri Dalam Dunia Usaha

/ Selasa, 11 Oktober 2022 / 09.58.00 WIB

Foto : Plt. Kadis Kopenaker Humbahas, Kristison Marbun, saat meninjau kegiatan pelatihan menjahit.

POSKOTASUMATERA.COM - HUMBAHAS - Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan bermentalitas unggul. Dinas Koperasi, Perdagangan Perindustrian dan Ketanagakerjaan (Kopenaker) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) meluncurkan 5 program kegiatan yang langsung berkenaan kepada masyarakat, dalam hal mencetak Sumber Daya Manusia yang siap bersaing dan mandiri guna menghadapi setiap perkembangan baru Dunia usaha dan Industri.  

Disadari, perkembangan zaman dan tehnologi seyogiyanya sejalan dengan pertumbuhan inovasi dalam Dunia usaha dan industri. Sehingga oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah membekali masyarakatnya dengan pondasi-pondasi yang menjadi penopang bagi nya dalam menghadapi persaingan global di bidang Kewirausahaan dimasa-masa mendatang. Demikian disampaikan Kristison Marbun, Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Kopenaker Humbahas kepada awak media, Senin (10/10/2022) dikantornya. 

Kristison mengungkapkan, kelima kegiatan yang tengah Ia laksanakan itu yakni,  pendidikan pelatihan menjahit non pemula,  pelatihan Membatik, Pelatihan Tenun, Pendidikan Mutu dan Pelatihan Instalasi Listrik. Dikatakan, bahwa kegiatan pendidikan pelatihan ini berlangsung dari tanggal 04 Oktober sampai dengan tanggal 11 Oktober 2022, dan diikuti oleh masyarakat kalangan muda dan produktif. 

"Pembekalan ini kita prioritaskan bagi kaum dan usia profuktif. Karena mereka lah yang nanti nya menghadapi semua itu," ujarnya. 

Dijelaskannya, pelatihan keterampian menjahit, membatik, tenun dan pelatihan mutu merupakan element terpenting dalam melengkapi pemenuhan kebutuhan pokok, dimana di dalam nya terdapat Sandang dan Pangan. Sehingga dapat dipastikan, ke empat unsur ini akan senantiasa bersimbiosis dari masa ke masa. 

Selain mengurangi angka pengangguran, Mantan sekretaris Dinas Pendidikan itu berharap kiranya program yang nantinya berkesinambungan dilaksanakan ini dapat membentuk masyarakat Humbang Hasundutan menjadi Wirausahawan yang mandiri dan berkualitas. Sehingga memperoleh perubahan ekonomi ke arah yang lebih sejahtera.

(PS/FT)

Komentar Anda

Terkini: