Peringati HUT Ke-72, IDI Tanjungbalai Gelar Seminar Awam Dan Donor Darah

/ Rabu, 26 Oktober 2022 / 23.15.00 WIB

 



POSKOTASUMATERA-COM-TANJUNGBALAI

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tanjungbalai menggelar seminar awam dan donor darah dalam rangka hari dokter nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober. 

Ikatan Dokter Indonesia Cabang Tanjungbalai memperingati Hari Dokter Nasional ke 72 dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti seminar awam dan donor darah. 


Dr. Heri Farnas, Sp.OG sebagai ketua panitia Selasa (25/10/2022) menyatakan bahwa peringatan ini terjadi serentak di seluruh Indonesia. Memasuki usia ke 72 tahun, sebagai Lembaga profesi kedokteran Indonesia peran IDI semakin dibutuhkan. Hari ulang tahun IDI kali ini mengangkat tema “Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju”.


Makna dokter adalah 'docere' yang artinya mengajar atau mendidik. Pada laporan singkatnya, dr. Heri Farnas, Sp.OG menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan perayaan HUT IDI ini. “Selain mengedukasi masyarakat yang kami lakukan dalam praktik sehari-hari, seminar awam ini juga bermaksud untuk membekali masyarakat dengan berbagai pengetahuan kesehatan." Ujarnya.






“Pelaksanaan donor darah juga merupakan bagian dari bakti para dokter untuk masyarakat. Kami merangkul Palang Merah Indonesia agar acara donor darah ini dapat terlaksana dengan baik. Kami percaya, melakukan kebaikan yang kecil lebih baik daripada tidak melakukan kebaikan sama sekali,”sebut dr. Heri Farnas, Sp.OG.

Acara seminar awam dilaksanakan di aula RSUD Dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai yang dihadiri oleh masyarakat kota Tanjungbalai untuk mendapat pengetahuan tentang “Batuk dan Etika Batuk” disampaikan oleh dr. Tri Setia Negara Sinulingga, M.Ked (Paru),Sp.P. Materi kedua adalah “Tatalaksana Gangguan Tidur/Insomnia Pada Pasien yang Menjalani Pengobatan Jangka Panjang” oleh dr. Munawir Saragih M.Ked (KJ),Sp.KJ. Acara seminar awam ini dihadiri oleh 30 peserta. 

Acara utama mengikuti petunjuk dari PB IDI adalah acara donor darah yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota. 

Sebanyak 39 pendonor menyumbangkan darahnya pada acara ini. Kegiatan ini terjadi di berbagai cabang IDI di seluruh  Indonesia dan diharapkan dapat memecahkan rekor MURI. Rangkaian acara seremonial juga diadakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota. 

Acara ini dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai yaitu dr. H. Ali Azhari, Direktur dan Ketua Komite Medik RSUD dr. Tengku Mansyur Tanjungbalai yaitu dr. Tengku Mestika Mayang dan dr. Leny Wardaini,Sp.S, para dokter di Tanjungbalai dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi profesi di Kota Tanjungbalai.

Dr. Hendra Wijaya Putra, Sp.PD  sebagai Ketua IDI cabang Tanjungbalai dalam sambutan singkatnya menegaskan bahwa IDI Cabang Tanjungbalai akan terus berbakti untuk masyarakat dan ada untuk mewadahi dokter-dokter di Cabang Tanjungbalai. 

Acara ini juga bertujuan sebagai wahana konsolidasi organisasi dalam merangkul semua anggota agar terbina rasa kepemilikan terhadap organisasi IDI.

 Ikatan Dokter Indonesia saat ini  mengusung konsep IDI Reborn agar seluruh anggota IDI mengacu pada konsep yang satu. Beliau menutup sambutan dengan mengingatkan kembali kepada para dokter sebagai anggota IDI bahwa profesi kedokteran adalah profesi yang berbasis pada pelayanan untuk masyarakat.

Sekretaris Daerah Tanjungbalai Ibu Nurmalini Marpaung S.Sos, M.I.Kom mewakili Walikota Tanjungbalai juga memberikan kata sambutannya. 

Nurmalini menyampaikan empati yang cukup besar terhadap seluruh dokter di Tanjungbalai karena telah menyelamatkan masyarakat. 

"Pemerintah Kota Tanjungbalai berupaya maksimal untuk menyediakan fasilitas bagi pelayanan kesehatan di Tanjungbalai agar memberikan kenyamanan dalam bekerja. Sektor Kesehatan menjadi perhatian yang besar bagi pemerintah Kota Tanjungbalai,"kata Nurmalini Marpaung.

Puncak acara seremonial adalah pemotongan tumpeng oleh ketua IDI Cabang Tanjungbalai. 

Acara ini juga dimeriahkan dengan pelepasan 72 balon ke udara sembari menggaungkan ‘Satu IDI Terus Maju’ yang juga menandai berakhirnya acara seremonial. 


"Kita berharap semoga dokter-dokter yang bergabung di IDI Cabang Tanjungbalai dapat berperan serta secara aktif dalam memajukan sektor kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna untuk masyarakat Tanjungbalai,"ujar Nurmalini Marpaung.

Ikatan Dokter Indonesia senantiasa berusaha untuk menjaga mutu pelayanan dokter di seluruh Indonesia dan bersinergi dengan program pemerintah. Selamat Hari Jadi Ikatan Dokter Indonesia ke 72. 

 (PS/SAUFI)


Komentar Anda

Terkini: