SMP N 1 Angkola Barat Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Proyek

/ Minggu, 23 Oktober 2022 / 15.34.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMPN 1 Angkola Barat  telah siap untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka belajar Berbasis Proyek

mulai tahun ajaran 2022/2023.

Saat ini SMP N 1 Angkola Barat melaksanakan kegiatan belajar 5 hari kerja,  yaitu untuk Senin sampai Jum'at.

Sedangkan hari Sabtu pihak sekolah melaksanakan 3  proyek yaitu  pelestarian budaya Lokal dengan melaksanakan tarian daerah,  Pengolahan Sampah dan Pengolahan Dodol Salak.

SMP N 1 Angkola Barat sebagai sekolah  Penggerak  sudah menerapkan pembelajaran berbasis proyek," pungkas Irham Saleh Siregar MA. 

SMP N 1 Angkola Barat  telah melaksanakan tiga proyek terkait pembentukan karakter dalam Profil Pelajar Pancasila,"ujarnya
 


Kepala SMP N 1 Angkola Barat Irham Saleh Siregar MA ," mengatakan salah satu perbedaan yang nyata antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Prototipe adalah pada durasi jam pembelajaran. “Jadi berapa persen dari beban mengajar satu mata pelajaran harus dilaksanakan proyek Profil Pelajar Pancasila. Dalam satu semester di dalam program kami, proyek Profil Pelajar Pancasila ini sudah kami laksanakan tiga kali. 

Dalam implementasi Kurikulum Prototipe, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah.

Kepala SMP N 1 Angkola Barat Irham Saleh Siregar MA menuturkan, pembelajaran berbasis proyek dianggap penting untuk pengembangan karakter siswa karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman (experiental learning). “Mereka mengalami sendiri bagaimana bertoleransi, bekerja sama, saling menjaga, dan lain-lain, juga mengintegrasikan kompetensi esensial dari berbagai disiplin ilmu,” katanya.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: