Soal 'Setoran' Ke Komandan, Kapolri : Saya Copot

/ Rabu, 26 Oktober 2022 / 19.07.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - JAKARTA - Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo menggelar video conference untuk memberikan pengarahan kepada kepala satuan wilayah di 34 Polda, dan Polres jajaran, Senin (24/10/2022). 

Pada video conference tersebut, Listyo Sigit Prabowo memberikan motivasi. Sedikit terkejut dijajaran para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil). Listyo mengatakan tentang 'setoran'. 

Sigit meyakini, kepada jajarannya bila ditemukan adanya terlibat 'setoran', akan dicopot. 

Sigit menyebutkan, 'setoran' yang bisa membuat terjadinya pungutan liar (pungli). 'Setoran' yang dimaksud adalah pemberian uang oleh anggota kepada komandan atau atasannya. Menurutnya, perilaku ini harus ditiadakan.

Sigit pun menegaskan, akan menangkap pihak-pihak yang mencatut namanya untuk iming-iming sekolah dan jabatan.

"Saya kira Pak As SDM sudah melakukan nggak ada yang namanya mau masuk sekolah bayar, mau dapat jabatan bayar. Dan ini saya cek di Mabes, tidak ada seperti itu. Termasuk juga kalau ada yang bawa-bawa nama saya, tolong tangkap, laporkan," kata Sigit, dilangsir dari detikcom.

Sigit mengulangi instruksinya, untuk meniadakan perilaku 'setoran' demi jabatan atau kesempatan sekolah. "Kita sepakat bahwa di Mabes tidak ada yang seperti itu. Tolong di Polres lakukan hal yang sama. Tidak ada untuk menempatkan jabatan, harus bayar. Tidak ada untuk supaya seseorang bisa sekolah, harus bayar," imbuh mantan Kabareskrim Polri ini.

Sigit memerintahkan seluruh jajarannya memberikan penilaian yang objektif pada setiap anggota sesuai dengan prestasi dan kinerjanya.

"Berikan penilaian yang objektif terkait dengan prestasinya, usulkan. Dan kita dari Mabes juga akan melihat hal yang sama. Hilangkan hal-hal seperti itu," sambung Sigit.

Dia menegaskan nama-nama polisi yang mendapatkan jabatan atau sekolah dengan cara 'setoran' akan dibatalkan promosinya. Hal ini dilakukan, lanjut Sigit, agar Polri menjadi lebih baik.

"Jadi kalau saya dengar misalnya, rekan-rekan mungkin karena langsung nggak bisa, terus lewat orang kemudian bayar, saya coret. Saya batalkan karena ini terkait dengan komitmen kita ke depan untuk bisa menjadi lebih baik," tutur dia. (PS/Red/dtc)




Artikel ini telah tayang di detik.com dengan link :
https://news.detik.com/berita/d-6365287/kapolri-hilangkan-setoran-dari-bawahan-ke-atasan
Komentar Anda

Terkini: