SOWAK : Kadisdik Sergai Suwanto Mundur Dari Jabatannya

/ Selasa, 25 Oktober 2022 / 22.39.00 WIB

Pulahan Wartawan Saat Aksi Damai 
POSKOTASUMATERA.COM, SERGAI - Puluhan Wartawan Kabupaten Sergai yang terdiri dari Wartawan Online, Cetak dan Televisi mengatasnamakan Solidaritas Wartawan Anti Kekerasan (SOWAK) minta Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Serdang Badagai mundur dari jabatannya. Menurutnya telah mencederai wartawan saat melakukan tugas Jurlistik.

Hal itu di sampaikan Kordinator Sowak Sergai Anugrah Riza Nasution saat aksi Damai menyampaikan sikap dikantor Bupati Serdang Bedagai kecamatan Sei Rampah, bersama Puluhan Wartawan, Selasa (25/10/2022).

Ada beberapa Pernyataan Sikap yang disampaikan Anugrah diantaranya yakni :
1. Mengecam kalimat bernada ancaman yang dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan Sergai Suwanto terhadap jurnalis Jhoni Sitompul, yang menyatakan ingin mematahkan tulang saat dikonfirmasi. 

2. Meminta Suwanto agar meminta maaf kepada publik terkait sikap arogan dan pernyataannya Suwanto yang mengeluarkan bahasa mengancam. 

3. Meminta Bupati Serdang Bedagai mengevaluasi, dan memberhentikan Suwanto dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Sergai karena melontarkan kalimat tidak etis yang mencederai kebebasan pers yang tertuang dalam UU Pers nomor 40 tahun 1999.

4. Meminta agar setiap orang, institusi dan lembaga pemerintah menghargai kerja kerja jurnalis dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya.

"Solidaritas Wartawan Anti Kekerasan SOWAK Kabupaten Serdang Bedagai mengutuk keras sikap arogansi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Suwanto Nasution, yang mengancam akan mematahkan tulang jurnalis," ucapnya Anugrah.

"Kami meminta kepada Bupati Sergai agar segera mengevaluasi kinerja Suwanto dan memberhentikan Suwanto dari Jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai," tegasnya.

Menanggapi aksi Damai tersebut Bupati Sergai H.Darma Wijaya diwakili Asisten III Ir.H.Kaharuddin berjanji akan menyampaikan semua pernyataan sikap yang diterimanya. 

"Ya, Nanti akan saya sampaikan kepada Bapak Bupati," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pernyataan Suwanto mengancam dan akan mematahkan tulang disampaikan kepada Jhoni Sitompul Jurnalis media on line terbitan Medan, yang bertugas di Kabupaten Sergai saat melakukan komfirmasi pada Rabu (19/10/2022) lalu, kepada Suwanto Nasution.

Saat itu, Suwanto dengan nada marah saat menjawab pertanyaan jurnalis saat dikonfirmasi terkait peristiwa runtuhnya tembok sekolah yang menimpa tiga siswa Sekolah Dasar Negeri 104301 di Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai. 

"Yang mana yang patah tulang, bisa tunjukkan, nanti kalau nggak patah tulang, tulang kau yang ku patahkan, mau," ucap Suwanto ditirukan Jhoni.

"Jangan kalian membesar-besarkan berita patah tulang, itu ketimpa makanya dikusukan, dan itu upaya kami. Jadi nggak usah dibesar-besarkan," kata suwanto lagi ditirukan Jhony. (PS/SIDDIK).
Komentar Anda

Terkini: