Sumpah Pemuda Pencapaian Penting Pergerakan Aktifitas Pemuda Dalam Bidang Politik dan Organisasi

/ Rabu, 26 Oktober 2022 / 09.39.00 WIB

 



POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat luas adanya. Bermulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, berjajar gugusan pulau-pulau besar maupun kecil. Bangsa Indonesia bukan seperti bangsa yang lain di dunia, mendapat sebutan Negara kepulauan adalah sebuah berkah dan juga masalah. Berkah telah adanya sebuah pengakuan besar, dan juga masalah penjagaan yang tak dapat disepelekan. Terlebih dengan adanya beberapa pulau-pulau yang langsung berbatasan dengan Negara lain, menjadikan siaga satu agar terciptanya negara yang aman dan juga dapat mencapai puncak kesejahteraan. 

Tentara Negara Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Badan Intelegen Negara (BIN) dan masih banyak lagi pengaman atau pahlawan nyata dalam bangsa Indonesia. Menjaga perbatasan, keamanan masyarakat adalah tugas utamanya, tentunya agar terciptanya sebuah iklim kesejahteraan dimanapun tempatnya tanpa terkecuali. 

Indonesia bukan negara yang menganut sistem kenegaraan monarki, namun demokrasi yang dianutnya. Demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat dalam mengambil kebijakan dengan perantara perwakilan dalam pemerintah. Namun, dengan ukuran seluas bangsa ini dan juga banyaknya jumlah penduduk negeri ini, memungkinkan perlu diperlibatkannya perwakilan-perwakilan yang jumlahnya lebih dari bayangan. 

Politik dan organisasi tidak pernah luput dari campur tangan kaum pemuda. Sumbangsih pemuda terhadap pembentukan Negara amat besar. Semenjak dalam cengkeraman kelompok imperialis penjajah, pemuda bangsa Indonesia sudah mempunyai geliat dunia politik dan organisasi. Salah satu perjuangan yang sangat fenomenal yang dilakukannya ialah digelarnya kongres pemuda pada tahun 1928, pra kemerdekaan. 

Sumpah pemuda merupakan pencapaian penting pergerakan aktifitas pemuda dalam bidang politik dan organisasi. Menjadi tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan yang di impikan. Sumpah pemuda merupakan hasil dari geliat perpolitikan pemuda kala itu, suatu bentuk pengakuan dari pemuda-pemudi bangsa, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia guna mengikrarkan satu tanah air (tanpa penindasan), satu bangsa (yang gandrung akan keadilan), dan satu bahasa (tanpa kebohongan). 

Tidak hanya sumpah pemuda, geliat pergerakan politik dinegeri juga berlaku dalam  narasi sejarah bangsa Indonesia. Sebagaimana organisasi Budi Utomo atau Van Ophuuijsen dan bung Hatta kala muda, yang menghimpunkan serta memimpin  seluruh pemuda-pemudi di Belanda yang menginginkan sebuah kemerdekaan. 

Geliat politik dan organisasi dalam negeri juga tak dapat disepelekan, seperti Jong Java, Jong Celebes dan lain sebagainya, yang juga mengharapkan kehadiran kemerdekaan. Serta masih banyak lagi organisasi pergerakan politik yang dimotori pemuda Indonesia. 

Pemuda kala itu memiliki harapan besar agar bangsa Indonesia dapat merdeka serta menentukan nasibnya sendiri. Dengan kemerdekaan pemuda mengharapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang adil, tenteram, dan sejahtera. Adapun keseluruhan kegiatan yang dilakukan pemuda adalah beberpa contoh bentuk keinginan pemuda untuk Indonesia yang lebih baik. 

Pemuda zaman dahulu telah membuktikan bahwa dirinya memiliki kekuatan untuk merubah masyarakat Indonesia menuju yang jauh lebih baik dengan menggunakan senjata politik. Mereka berpolitik secara sistematis dan masif guna mengantarkan bangsa Indonesia kejenjang pintu kemerdekaan. (PS/HS)

Penulis :

Muhammad Roni Al Hadi, S.Kom
Ketua DPW LPPI SUMUT Lembaga Independent Pemuda Pemerhati Indonesia
Komentar Anda

Terkini: