Biro Rena Polda Sumsel bersama Fisipol Unsri Beri Arahan Teknis di Mapolres Muara Enim

/ Rabu, 30 November 2022 / 20.07.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-
MuaraEnim- Dalam rangka mengukur kepercayaan masyarakat atas kinerja kepolisian Polres Muara Enim. Biro Rena Polda Sumsel bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik melakukan penelitian di Kabupaten Muara Enim. Sejumlah Tim Peneliti V yang diketuai oleh Annada Nasyaya. S. i. P,  MSi dan IPDA Pebriyani, S.A.P selaku Fasilitator dari Biro Rena Polda Sumsel mendatangi Mako Polres Muara Enim pada hari Rabu Tanggal 30 November 2022 pukul 09.12 WIB.

Pada kesempatan kedatangan tim peneliti disambut langsung oleh Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi, SH.SIK.MH. dan Kabagren Polres Muara Enim Kompol A.Roni Romli,SH.MM yang kemudian langsung diterima di ruang kerja Kapolres Muara Enim. 

Setelah melakukan tatap muka dan silahturahmi atas maksud dan tujuan kedatangan tim peneliti selanjutnya Tim peneliti bersama Kapolres Muara Enim dibawa ke Aula Rupatama Mapolres Muara Enim yang selanjutnya Fasilitator Biro Rena memberikan beberapa arahan tehnis pelaksanaan penelitian survey kepada para Bhabinkamtibmas sejajaran Polres Muara Enim.

Menurut Ipda Pebriyani, S.A.P selaku fasilitator dari Biro Rena Polda Sumsel yang mendampingi 4 orang peneliti Unsri mengungkapkan bahwa tujuan penelitian ini sebagai salah satu upaya kita dari Polda Sumsel untuk mengetahui sejauh mana kinerja rekan-rekan Polres Muara Enim yang dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga diharapkan kinerja Polres dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Muara Enim dapat lebih ditingkatkan dari tahun ke tahun.


Ipda Pebriyani S.A.P menyampaikan di depan 50 Bhabinkamtibmas yang akan mengambil data responden di masyarakat binaannya, diharapkan para Bhabin turut membantu rekan peneliti Unsri untuk dapat mengambil data hasil survey dari masyarakat di wilayah binaannya masing-masing dan diharapkan para Bhabinkamtibmas tetap menjaga indenpedensi warga yang akan mengisi kuesionernya nanti. 

Sasaran responden yang diharapkan mengisi survey memiliki dua syarat yaitu pertama, mereka yang menerima layanan kepolisian polres/polsek setempat selama 1 tahun terakhir dan kedua, harus berdomisili di Kelurahan/Desa tersebut dimana dengan adanya dua persyaratan tadi diharapkan data yang diambil lebih realibel dan akuntabel.

Pada kesempatan penelitian survey kali ini jumlah Bhabinkamtibmas yang dilibatkan untuk penyebaran kuesioner adalah masing-masing Polsek menyiapkan 5 orang Bhabinnya yang dimana mereka nanti ditargetkan masing-masing mencari responden sebanyak 8 orang atau masing-masing Polsek ditargetkan mencari 40 orang warga binaannya untuk diambil pendapatnya atas kinerja Kepolisian yang  dilakukan oleh Polres Muara Enim.

Menurut Annada Nasyaya SiP, MSi, selaku Ketua Tim V Peneliti mengungkapkan bahwa penyebaran kuesioner di Kabupaten Muara Enim dilakukan pada 22 kecamatan di 16 Kelurahan dan 260 desa dimana para peneliti FISIP Unsri menyebarkan kuesioner melalui  Bhabinkamtibmas di 10 Polsek jajaran Polres Muara Enim, dimana jumlah kuesioner yang disebar sebanyak 400 buah. 

Beberapa hal yang diukur dalam penelitian survey itu adalah angka Kinerja Quickwins Presisi yang dirasakan masyarakat. Persepsi anti korupsi, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja pelayanan Kepolisian dan tingkat kepercayaan masyarakat. Ditambahkan oleh Annada Nasyaya. S. i. P,  MSi, metode penyebaran kuesioner dilakukan dalam dua cara yaitu melalui hardcopy dan link survey google form.

Sebelum para Bhabinkamtibmas diterjunkan untuk mencari data survey pada penelitian nanti di lapangan, para Bhabin langsung dilatihkan tata cara pengisian survey melalui link survey google form yang telah disiapkan. Kemudian apabila Bhabinkamtibmas masih ada hal yang perlu ditanyakan kepada tim peneliti, maka diberikan penjelasan secara spesifik lagi. 

Setelah selesainya pelatihan itu, Ipda Pebriyani,S.A.P mengungkapkan, pelatihan pengisian link google form kepada para bhabin kami jadikan ajang bagi mereka untuk dapat memahami seluk beluk pertanyaan survey yang ada dalam link survey itu, yang diharapkan nanti para Bhabin dapat menyampaikan secara teknis kepada masyarakatnya untuk mengisi survey tersebut. 

Pelaksanaan pengambilan data di lapangan ini akan berlangsung selama 3 hari di Kabupaten Muara Enim dimana satu orang enumerator Unsri akan melakukan kontrol penginputan data dari hasil penyebaran kuesioner para Bhabinkamtibmas.

Kegiatan pelatihan para Bhabinkamtibmas tersebut selesai pada pukul 13.56 WIb yang selanjutnya dilakukan wawancara terbuka kepada Kabagren Polres Muara Enim di ruang Rupatama tersebut selama 45 menit dengan 27 pertanyaan kemudian Tim Peneliti dan Fasilitator kembali ke Palembang.(PS/RUSLAN)

Komentar Anda

Terkini: