Bupati Tapsel Dorong Siswa/i SMK Di Tapsel Berjiwa Entrepreneur dan Memiliki skill

/ Jumat, 18 November 2022 / 02.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu SPT MM mendorong generasi muda kabupaten ini agar berjiwa entrepreneur dan memiliki skill marketing digital patut diacungi jempol.


Pemerintah daerah (Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM) Tapsel memfasilitasi sejumlah siswa/siswi SMK untuk mendapatkan pelatihan para siswa di http://tempatpklmedan.com.

"Ini (tingkat SMK) gelombang ke dua mulai 26 Oktober-16 November 2022. Sebelumnya peserta nya para santri-santriwati di Tapsel," kata Dolly dalam keterangan terima, Kamis (17/11).

Positif-nya pelatihan ini melahirkan wirausaha milenial Tapsel yang memiliki wawasan pemasaran digital. Dengan harapan dapat mendongkrak hasil komoditas lokal ke masyarakat luas.

"Pelatihan ini sudah merupakan tuntutan zaman. Mengingat persaingan usaha dan pemasaran pada era digitalisasi saat ini cukup ketat, apalagi pasca Pandemi COVID-19," katanya.

Pelatihan kewirausahaan dan digital marketing bekerjasama dengan tempatpklmedan.com di bawah pimpinan Sugianto, ST, M.Kom, menurut Dolly sangat sangat positif dan berdaya guna.

Ia contohkan, Gina (16 Tahun) siswi SMKN 1 Sipirok alumni pelatihan tempatpklmedan.com 2021, kini sudah memiliki modal ilmu memanfaatkan teknologi digital membangun usaha sekaligus memasarkan produk lokal Kopi Arabika Sipirok secara online.

"Salut, meski sambil sekolah tidak mengurangi Gina beraktifitas menjalankan bisnis. Dari penghasilan Gina kini sudah mampu membeli sebuah Laptop. Ini menjadi motivasi bagi yang lain," harap Dolly.

Kata Dolly, era digital inilah pengkotak-kotakan masyarakat itu semakin hilang. Sudah tidak ada batas, wilayah, ruang dan waktu. Kesempatan bagi daerah untuk bersaing karena melakukan promosi di dunia digital mengeluarkan biaya yang ekonomis dan tepat sasaran.

Ia juga menyatakan kendati supervisi Pemkab Tapsel melalui Dinas Pendidikan adalah pendidikan anak usia dini (PAUD), SD dan SMP. Selaku putera/puteri Tapsel siswa SMK, SMA dan Pondok Pesantren juga perlahan di dorong agar mindset menjadi entrepreneurship.

Adapun sejumlah siswa/siwi yang mengikuti pelatihan di Pusat Praktik Kerja Industri Bidang Digital dan Entrepreneur tempatpklmedan.com beralamat di Komplek Puri Zahara 2 Blok M 6, Jalan Bunga Rinte Raya, Medan, Sumatera Utara berasal dari SMKN 1 Sipirok, SMKN 1 Batangtoru, SMKN 1 Marancar.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: