Dinas Kesehatan P2KB Humbahas Bersama 3 Puskesmas Dapat Mobil Ambulance Baru

/ Kamis, 10 November 2022 / 20.02.00 WIB

Foto : Bupati Dosmar Banjarnahor saat menyerahkan kunci mobil kepada salah seorang kepala Puskesmas

POSKOTASUMATERA.COM - HUMBAHAS - Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor,S.E serahkan 3 unit mobil ambulance kepada 3 Puskesmas yaitu, Puskesmas Baktiraja, Parlilitan, dan Puskesmas Pakkat. Sedangkan 1 unit mobil antar jemput akseptor keluarga berencana dan pendampingan keluarga stunting diserahkan ke Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB). Acara penyerahan itu dilaksanakan pada Rabu (9/11/2022) kemarin, bertempat di Baktiraja tepatnya di Mess Pemkab Humbahas.

Mobil Ambulance untuk Puskesmas Parlilitan diterima oleh dr.Lisbeth Yenni Sitohang, untuk Puskesmas Baktiraja diterima drg.Grace Masria Sitompul, sedangkan Puskesmas Pakkat diterima dr.Robecca Beluta Ambarita dan mobil antar jemput akseptor KB diterima Plt Kadis Kesehatan P2KB Dra.Christina Clara. 

Plt Kadis Kesehatan P2KB Christina Clara menjelaskan Mobil Ambulance Puskesmas Parlilitan dan Baktiraja merupakan DAK (Dana Alokasi Khusus) 2022 dari Kementerian Kesehatan RI. Mobil antar jemput akseptor KB berasal dari DAK 2022 dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. 

Sedangkan ambulance Pakkat merupakan mobil Dinas Kesehatan P2KB dari hasil refocusing APBD 2021. Dimana mobil ini sebelumnya dipergunakan untuk ambulance penanganan pasien pandemi cocid-19. Mengingat penurunan secara drastis angka pandemi covid-19 di Humbahas, maka mobil ini sebaiknya diserahkan ke Puskesmas Pakkat yang saat ini sangat membutuhkan. 

Bupati mengharapkan agar kendaraan tersebut dapat dipergunakan dengan baik, dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Kenderaan ini semua milik masyarakat, manfaatnya harus jelas dan benar ditujukan dan dirasakan masyarakat. Pemelihaaran kenderaan ini juga dilaksanakan dengan baik dan berkala agar usia pemanfaatannya dapat berlangsung lama. Bupati juga menghimbau para tenaga medis bekerja secara tim kolaborasi yang solid dan berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kepada Puskesmas yang menerima mobil ambulace agar benar-benar bertanggungjawab atas fungsi kenderaan tersebut. 

Dosmar menegaskan agar fungsi dan kegunaan kenderaan itu dapat menjalankan pelayanan kesehatan masyarakat terutama bagi warga yang berada jauh di pelosok desa. Dengan tersedianya keempat (4) unit kenderaaan ini, pelayanan kesehatan dan Keluarga Berencana  dapat dirasakan dan dinikmati setiap penduduk yang berada di kecamatan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan.  

Anggota DPRD Humbahas Poltak Purba dalam acara itu sangat mengapresiasi Pemkab Humbahas. Wakil rakyat itu juga berharap agar kenderaan ini dirawat sebaik-baiknya supaya bisa dipergunakan dengan keperluannya.

“Ini suatu motivasi baru, harapan kita agar lebih bersemangat, dipergunakan untuk masyarakat, jangan salah gunakan,” harap Poltak Purba.

Acara penyerahan kenderaan ini juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Drs Janter Sinaga, Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing S.Sos, Kepala BPKPD Drs John Harry M.MA, Inspektur Kabupaten Drs. B P Siahaan MM, Camat Baktiraja Sanggam Lumbangaol dan lainnya.

(PS/FT/Diskominfo)

Komentar Anda

Terkini: