Kacabdis Pendidikan Sidimpuan: Keberhasilan Sekolah Dinilai Mampu Menerapkan Pendidikan Karakter

/ Rabu, 23 November 2022 / 18.24.00 WIB

Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Marwan Fauzi S.Sos 

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN- Kacabdis Pendidikan Sidempuan Marwan Fauzi S.Sos kepada awak media online di ruang kerjanya Rabu (23/11) mengatakan bahwa  keberhasilan sekolah dinilai  adalah mampu menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya.


Disampaikannya," ini selalu saya sampaikan saat berkunjung ke beberapa sekolah di wilayah Cabdis Pendidikan Sidimpuan yang meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Mandailing Natal untuk tingkat SMA/SMK dan SLB.

"Mantan Kabag Humas Pemkab Madina ini menyampaikan," saya akan melihat keberhasilan pendidikan karakter di sekolah pada saat selesai ujian  akhir semester nanti khusus kelas XII Tingkat SMA/SMK. Apakah masih ada anak anak sekolah  yang coret coret baju, atau pergi membawa sepeda motor secara ramai ramai ke tempat tempat rekreasi.

Kalau masih ada di beberapa siswa/i sekolah yang masih melaksanakan tradisi corat coret baju ini , berarti Sekolah tersebut belum mampu menerapkan Pendidikan karakter,ucap Kacabdis.

Lebih lanjut disampaiknnya," memang kita akui siswa/i sudah 3 tahun menimba ilmu di sekolah Tingkat SMA/SMK. Sehingga kejenuhan mereka 3 tahun ini diungkapkannya dengan corat coret baju. Hal inilah yang harus kita hindari dan berikan pemahaman kepada anak anak kita,ucap Marwan Fauzi,S.Sos.

Menurut dia, daripada corat coret baju lebih baik, menyumbangkan seragamnya karena dapat dijadikan sebagai contoh tauladan yang layak ditiru adik-adik kelas mereka di masa mendatang.

Disampaikannya,' Manfaat pendidikan karakter sangat penting bagi generasi mudah saat ini. Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus pemerintah di dunia pendidikan untuk menciptakan generasi yang berkarakter dan berkualitas. Bagaimana tidak, dengan pendidikan karakter ini diharapkan bisa membuat anak-anak memiliki pola pikir serta sikap yang baik dalam menghadapi berbagai situasi. Pendidikan karakter ini dimulai sejak anak-anak masih usia remaja. Dimana pendidikan seperti ini bisa dilakukan atas bantuan guru di sekolah.

Pendidikan karakter menjadi pilihan tepat untuk didapatkan oleh siswa di sekolah. Ini bukan tanpa alasan karena arus globalisasi dan juga hadirnya teknologi yang semakin canggih akan memberikan dampak yang signifikan untuk generasi mendatang," ucapnya.

 Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan segala kemungkinannya sejak jauh hari.

 Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Marwan Fauzi S.Sos menyampaikan manfaat dari pendidikan karakter untuk siswa di sekolah.

Pendidikan karakter yang diberikan oleh sekolah-sekolah di telah memberikan banyak manfaat untuk para siswanya. Salah satu manfaat yang dirasakan yaitu membentuk karakter siswa. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan karakter bisa menjadikan siswa menjadi lebih mandiri, maju dan bertanggung jawab. Selain itu, juga menciptakan siswa dengan kepribadian yang tangguh sesuai dengan identitas bangsa Indonesia itu sendiri

Seterusnya melatih mental dan Moral. Dijelaskan masalah mental siswa juga menjadi alasan kenapa pendidikan karakter harus diberikan. Kondisi ini didasari oleh banyak siswa yang memiliki mental yang lemah sehingga akan menciptakan munculnya masalah mental. Tentu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan mempengaruhi masa depan anak anak.
Manfaat lain dari pendidikan karakter adalah untuk mencegah siswa memiliki moral yang tidak baik. Jika siswa memiliki mental dan moral yang baik maka akan tercipta suasana yang kondusif dan akan mencegah terjadi perpecahan," ujarnya.

Tidak hanya itu saja, pendidikan karakter juga menghasilkan siswa yang tangguh dalam menghadapi masalah dan situasi serta menjadi sosok yang bijaksana," ucap Kacabdis Yang dekat Wartawan.

Lebih lanjut disampaikannya," pendidikan karakter untuk memerangi berbagai perilaku tidak terpuji. Karena pendidikan karakter yang didapatkan bisa menjadi benteng untuk siswa dalam memerangi berbagai perilaku yang tidak terpuji. Jika siswa tidak memiliki benteng yang kuat maka akan mengikuti arus.
Pendidikan karakter ini juga memberikan banyak pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa. Pengetahuan yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apa saja bahaya yang ada di masyarakat serta cara untuk menanganinya dengan tepat dan benar.

Selanjutnya manfaat pendidikan karakter untuk siswa di sekolah adalah menciptakan generasi yang berintegritas. Memiliki karakter yang kuat maka akan membuat siswa menjadi lebih tangguh dan kokoh dalam menjalani kehidupannya. Tangguh dan kokoh ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Siswa dengan integritas yang tinggi pastinya akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas bangsa dan juga negara.

Dimanapun berada siswa harus selalu disiplin, terutama saat berada di lingkungan sekolah. Siswa yang selalu disiplin ternyata juga mempengaruhi kinerja akademiknya menjadi lebih baik lagi. Dengan pendidikan karakter kehadiran siswa di sekolah menjadi lebih baik, tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan," bebernya.

Kemampuan pola pikir dan moral yang lebih baik maka akan mempengaruhi kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir seperti ini akan memberikan banyak keuntungan bagi siswa. Salah satunya bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat serta tercipta siswa yang bertanggung jawab," ungkapnya.

 Apabila semua siswa menyerap pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan karakter yang didapatkan dari sekolah lalu mengaplikasikan dalam kehidupannya, bukan tidak mungkin bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan berkarakter. Sehingga visi misi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Bapak H.Edy Rahmayadi dapat terwujud,"  beber Kacabdis Pendidikan Sidimpuan.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: