Kades Simempar Pusing Pencurian Getah Pinus Makin Merajalela di Desanya

/ Senin, 21 November 2022 / 07.44.00 WIB
Teks foto: getah Pinus yang siap dipasarkan

POSKOTAAUMATERA.COM-DELISERDANG-Kurun waktu beberapa bulan terakhir ini, aksi penyadapan getah pinus ilegal dari kawasan hutan lindung Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang makin gila-gilaan. 

Getah Pinus dianggap sebagai salah satu sumber pendapatan bernilai cukup tinggi untuk menafkahi keluarga. Getahnya dapat dijual dengan harga yang lumayan bagus.

Menurut keterangan warga di sana, mantan Kades Simempar dua periode, Wari Tarigan dituding yang mengkoordinir penyadapan ilegal tersebut dengan mendatangkan para pekerjanya dari Pulau Jawa.

Perbuatan mantan kades yang juga melibatkan perangkat kantor Desa Simempar tergabung dalam kelompok tani ditentang warga di sana. Dan berujung menimbulkan kegaduhan sesama warga. 

Meski ditentang sebagian warga, hingga kini aksi penyadapan terus berlangsung secara ilegal. Kades Simempar, Simar Sembiring mengaku pusing tujuh keliling.

"Sudah dimediasi bang. Rapat sudah kita buat di desa. Sebagian warga datang dan sebagian lagi tidak datang. Kelompok tani membuat kebijakan uang hasil getahnya diberikan kepada warga. Namun sebagian menolak mengambil uangnya ke bendahara kelompok tani,"jelas Simar Sembiring via whatsApp, Minggu (20/11/22).

Disebutkan Simar bahwa penyadapan getah pinus masih terus berlangsung.

 Hal tersebut yang membuatnya pusing  "Aku pun pening bang,"tulis Simar.

Prihal penyadapan getah pinus di kec Gunung meriah ini ,sudah berulangkali di muat oleh media .,namun hingga gini belum ada ,tindakan yang siknifikan dari aparat penegak hukum ,hususnya polresta Deliserdang .

Terahir kali,pada tgl 6 nopember 2022 kasat reskrim polresta Deliserdang kompol kadek cahyadi  dikonfirmasi melalui pesan whatsaap  nya dan berjanji akan melakukan penyelidikan terkait hal ini .trimakasih buat infonya bang, kami segera akan lakukan penyelidikan ,tegas kasat .kepada media ini.(PS/P Limbong)

Komentar Anda

Terkini: