Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu M. Si dan Kasi Tendik Zulkarnaen Harahap S.Pd MM Hadiri FTBI Tingkat Provinsi Sumut.

/ Senin, 14 November 2022 / 20.51.00 WIB

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL-Kepala
Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Bapak Drs. H. Asren Nasution, M.A, Hafidz Muksin,S.Sos M. Si 
Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa kemdikbudristek,Kadis Pendidikan Tapsel, Kasi Tendik Zulkarnaen Harahap S. Pd, MM, Kadisdik kota Sidimpuan,Kadisdik Tapteng, Kadisdik Paluta, Kadisdik Labuhan Batu menghadiri Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi Sumatra Utara yang digelar oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Balai Bahasa Sumatra Utara (BBSU) yang telah berlangsung selama empat hari yakni 8 - 11 November 2022, di Le Polonia Hotel, Medan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu, S. Sos M. Si melalui Kasi Tenaga Kependidikan Zulkarnaen Harahap S. Pd MM kepada awak media online Senin (14/11-2022).

Acara Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat provinsi Sumatra Utara dibuka Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Bapak Drs. H. Asren Nasution, M.A.

Dikatakan, " festival ini merupakan implementasi kebijakan Merdeka belajar episode ke-17 ‘Revitalisasi Bahasa Daerah’ yang sudah diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuannya adalah agar penggunaan bahasa daerah terus meningkat dalam kehidupan sehari hari," ujarnya. 

Disampaikannya, " pada bulan September yang lalu, sebanyak  36 guru utama di Tapanuli Selatan  telah mendapat pelatihan intensif dalam bentuk  Traning of Trainer  (ToT) oleh instruktur selama kurang lebih seminggu.yang dilaksanakan di hotel Mutiara Jln Imam Bonjol Padanatinggi Kota Padang Sidempuan.


Pada prinsipnya kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat sekolah, kecamatan, lalu ke tingkat kabupaten, dan berakhir di tingkat provinsi. Kami berharap Tapanuli Selatan nantinya bisa menjadi utusan provinsi, akan dikirim ke tingkat nasional untuk mengisi kegiatan selebrasi Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional yang pada tanggal 21 Februari 2023, Indonesia menjadi co-host kegiatan tersebut yang dipusatkan di Jakarta dan Paris," katanya.

"Disampaikannya, " ada 7 materi yang difestivalkan dalam kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu ini, Ketujuh materi itu adalah menulis aksara daerah, cerita pendek, membaca dan menulis puisi (sajak), mendongeng, pidato, menyanyi atau tembang tradisi dan komedi tunggal (stand up comedy).


Adapun utusan siswa siswi dari Kabupaten  Tapanuli Selatan yang mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Sumatera Utara
berasal dari SMP 5 Angkola Sangkunur dari SDN 101603 Sidadi II, SDN 101504 Basilam Baru, SMP N 1 Angkola Timur, SMP N2 Angkola Barat,SMP N  1 Batang Angkola," pungkasnya. 

"Di PAPBD Pemkab Tapsel melalui Dinas Pendidikan telah menampung anggaran untuh melatih maestro sebanyak 150 orang guru yang rencananya akan dilaksanakan di pertengahan november 2022," ujar Zulkarnaen Harahap.

"Pihaknya berharap dengan terlatihnya 150 orang guru di Tapsel, visi misi Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu SPT MM masyarakat yang sehat,  cerdas dan Sejahtera dapat terwujud," harap Zukarnaen Harahap S. Pd MM.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: