Kembangkan Daya Saing Daerah

/ Rabu, 23 November 2022 / 11.54.00 WIB

 Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerja Sama Dengan UGM

 

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT -  Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor   menandatangani kesepakatan Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dengan Universitas Gajah Mada, di Ruang Multi Media I, Kampus UGM, Yogyakarta (22/11/2022). Bupati mengatakan bahwa Objek kesepakatan bersama berupa kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan daya saing Daerah di Kabupaten Pakpak Bharat diharapkan bisa membantu Pemerintah Pakpak Bharat dalam membangun serta mewujudkan Pakpak Bharat yang nduma dan sejahtera.

Semoga kerja sama ini membawa manfaat dan saling menguntungkan bagi kita semua, semoga dapat membantu kita, membawa Pakpak Bharat lebih maju, mewujudkan kininduma bagi masyarakat kita, ungkap Bupati sesaat setelah menandatangani naskah perjanjian dimaksud.

Bupati juga menjelaskan pentingnya bagi Pemerintah Pakpak Bharat mengikat kerja sama ini, mengingat besarnya porensi wilayah Pakpak Bharat yang hingga kini masih sulit dikelola dan dikembangkan mengingat keterbatasan Sumber Daya Manusia yang mereka punya di Pakpak Bharat.

Kabupaten Pakpak Bharat yang berada dikawasan pegunungan bukit barisan sehingga memiliki tanah areal pertanian dan kawasan hutan yang sangat subur dan luas, memiliki banyak produk pertanian dan kehutanan yang sangat beraneka ragam. Kita masih memiliki ribuan pohon kapur yang sudah dikenal sejak dari jaman perdagangan kuno hingga keberbagai belahan dunia, kita memiliki kemenyan yang tersebar luas di wilayah Pakpak Bharat, kita juga memiliki tanaman serai wangi dan tanaman gambir dengan kualitas nomor satu, disamping itu bahwa posisi Kabupaten Pakpak Bharat yang sangat strategis sebagai salah satu pintu masuk Sumatera Utara merupakan suatu keunggulan tersendiri, oleh karenanya dengan berbagai keunggulan ini kami berharap bisa memaksimalkan kerja sama ini, guna memaksimalkan sumber daya di Kabupaten Pakpak Bharat, dan semoga kerja sama ini bisa membawa manfaat bagi kesua belah pihak, baik Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat maupun Universitas Gajah Mada sendiri, ungkap Bupati kemudian.

Sementara itu Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M yang hadir mewakili Rektor UGM dalam acara ini mengungkapkan rasa salut dan bangga atas pilihan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat menggandeng Universitas Gajah Mada sebagai mitra dalam membangun Kabupaten penghasil gambir dan kemenyan ini.

Sangat bangga dengan pilihan bapak bekerja sama dengan kami, kami menyadari sepenuhnya butuh teman-teman yang mau membangun Daerah, pulang ke Daerah ikut membangun Daerah. Pakpak bharat dengan potensi besarnya, kapur barus, kemenyan dan sebagainya bahkan sampai melambungkan nama Kota Barus dimasa lampau, kita mau teman-teman di Daerah bisa tumbuh bersama kita , Kami hanya ingin seluruh indonesia ini bisa maju bersama, kita semua ingin warga kita, Daerah kita lebih hebat lagi, tentunya dengan keinginan yg sangat kuat, kami dari UGM ingin membantu, semoga niat baik kita semua membawa manfaat yg baik bagi kita kedua belah pihak, ungkap dia.

Pemerintah dan Universitas Gajah Mada sepakat untuk membangun sebuah kerja sama yang saling bersinergi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan daya saing Daerah selama lima tahun kedepan. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini mampu akan membantu Kabupten pakpak Bharat dalam upaya memaksimalkan potensi-potensi Daerah guna mewujudkan Pakpak Bharat yang nduma dan sejahtera.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya jajaran rektorat dan staff pengajar di Universitas Gajah Mada, Kepala Badan Pengembangan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Pakpak Bharat, Harrrison F Sirumapea, M.Si serta sejumlah tamu undangan’  (PS/K.TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: