Terkait Perusakan Hutan Bukit Barisan di Deli Serdang, Polda Sumut Akan Lakukan Penyelidikan

/ Senin, 14 November 2022 / 14.06.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-Perusakan Hutan Konservasi Bukit Barisan di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut, diduga melibatkan Aparatur Negara.

Perusakan dilakukan dengan cara melakukan Penderesan/ Penyadapan terhadap Kayu Hutan ( pohon pinus) sehingga membuat kayu hutan mati berlahan. 

Menurut keterangan masyarakat setempat yang berhasil dirangkum kalau perusakan terhadap hutan lindung itu berada hutan diperbatasan

desa Marjadi Tongah, desa Simempar dan desa Gunung Seribu Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang.

Dugaan keterlibatan Aparatur Negara setempat itu menguap dengan adanya pengakuan dari salah satu sopir truk pengangkut hasil sadapan kayu hutan Bukit Barisan itu bernama Reza.

Dimana saat itu, Reza sempat diamankan oleh Polresta Deli Serdang saat melintas mengangkut hasil sadapan Kayu Hutan itu diwilayah hukum Polsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang. Dan ketika itu, Reza menerangkan kalau Camat, Kapolsek dan Kepala Desa setempat  mengetahui adanya aktivitas Penyadapan getah kayu pinus tersebut sembari menunjukkan surat jalan yang dikeluarkan oleh Kepala Desa.

Terkait hal ini, Camat Gunung Meriah Antonius Tarigan S.sos. M.AP saat pernah dikonfirmasi membantah adanya aktivitas perusakan hutan  bukit barisan diperbatasan wilayahnya. Namun Camat tak menyangkal atas adanya aktivitas penyadapan getah kayu hutan jenis pohon pinus tersebut. 

" Itu bukan perusakan dan hanya Penyadapan terhadap getah kayu pinus yang dilakukan oleh kelompok tani. Dan kalau perusakan itu dengan cara menebangi pohon hutan yang ada dikawasan hutan" Jelas Camat Gunung Meriah.

Juga dikatakan Camat, kalau ia juga sama sekali tidak kenal dengan supir truck bernama Reza tersebut. " Saya tidak kenal dengan namanya Reza itu, siapa rupanya Reza itu" sangkal Camat.

Hal senada juga penjelasan dari Kapolsek Gunung Meriah Iptu Sotarduga. Ia juga menyangkal kenal dengan Reza.

" Camat gimana rupaya katanya ? 

Kalau camat pun enggak kenal, saya pun enggak kenal dengan Reza itu" jelas Kapolsek Gunung Meriah dengan nada membelit. 

Menyikapi itu, Kabid Humas Polda Sumut Kombes pol Hadi Wahyudi yang dikonfirmasi wartawan, Minggu (13/11/2022) mengatakan, akan melakukan penyelidikan terhadap kerusakan hutan Bukit barisan tersebut.

" Akan dilakukan penyelidikan. Terimakasih informasinya" Kata Kombes Hadi. (PS/HS/P Limbong)

Komentar Anda

Terkini: