KPU Binjai Ngopi Bareng Wartawan, Sosialisasikan Rekrutmen Calon PPS

/ Rabu, 21 Desember 2022 / 14.04.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM
-BINJAI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai menggelar Sosialisasi Rekrutmen Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Refleksi Kinerja Akhir Tahun 2022 dalam kegiatan bertajuk "Ngopi Bareng Wartawan" di Kafe Kolam Garden, Kota Binjai, Selasa (20/12/2022) sore. 

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kota Binjai, yang juga Koordinator Divisi Keuangan Umum, Rumahtangga, dan Logistik, Zulfan Effendi, serta diikuti lebih dari 20 wartawan media cetak dan elektronik yang bertugas di Kota Binjai. 

Turut hadir, tiga Komisioner KPU Kota Binjai yang lain, di antaranya Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Robby Effendi Hutagalung, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Risno Fiardi, serta Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Abdullah Arkam.

Ketua KPU Kota Binjai Zulfan Effendi, mengatakan kegiatan ini merupakan upaya menyebarluaskan informasi mengenai tahapan Pemilu 2024 serta sarana menghimpun berbagai masukan dan kritik dari para wartawan terkait kinerja KPU Kota Binjai.

Kegiatan ini, dilaksanakan atas inisiatif pihaknya menyikapi hasil pelaksanaan Rapat Pleno KPU Kota Binjai, yang memutuskan digelarnya sosialisasi dengan para wartawan di penghujung tahun 2022.

"Sebenarnya kegiatan ini bagian dari komitmen KPU Kota Binjai dalam memperkuat sinergitas dan kolaborasi lintas elemen masyarakat, khususnya dengan sahabat-sahabat wartawan, sebagai upaya mensukseskan Pemilu 2024 di Kota Binjai," terang Zulfan.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Binjai, Robby Effendi Hutagalung, mengakui saat ini ada beberapa agenda kerja yang sedang dan akan dilaksanakan KPU Kota Binjai.

Terdekat, KPU Kota Binjai mulai melaksanakan tahapan rekrutmen calon PPS Pemilu 2024. Dalam hal ini, proses pendaftaran peserta dan syarat keikutsertaan hampir sama dengan rekrutmen calon PPK, karena dilakukan secara daring melalui Aplikasi SIAKBA mulai 18 hingga 27 Desember 2022.

"Secara keseluruhan akan ada 111 petugas PPS yang kita rekrut untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Binjai, dimana setiap kelurahan diisi tiga petugas PPS. Rencananya mereka ini dilantik pada 18 Januari 2023, sehingga sudah efektif bertugas mulai Februari 2023 mendatang," ujar Robby.

Khusus tahapan ini, KPU Kota Binjai telah mengagendakan pelaksanaan ujian tertulis calon PPS pada 2 dan 3 Januari 2023. Waktunya pun hampir bersamaan dengan pelantikan 25 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Binjai pada 4 Januari 2023.

"Jadi, ada dua opsi mengenai sistem ujian tertulis bagi calon PPS. Pertama, dilakukan secara konvensional, dan kedua, dilakukan dengan sistem CAT. Tapi ada kemungkinan ujian tertulis di lakukan dengan sistem CAT, mengingat sarana dan prasarana KPU Binjai sudah relatif memadai," sebut Robby. (PS/RONY)

Komentar Anda

Terkini: