Rotasi di Jajaran Polri, Sejumlah Perwira Polda Bali Dimutasi

/ Minggu, 25 Desember 2022 / 14.15.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BALI- Korps Bhayangkara kembali melakukan mutasi besar besaran. Setidaknya terdapat 704 Perwira tingkat tinggi dan menengah di tingkat Mabes, Polda dan Polres se Indonesia dirotasi menempati jabatan baru.

Kabidhumas Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu, S.I.K., M.Si. mengatakan total setidaknya terdapat 704 perwira tingkat tinggi dan menengah yang dimutasi. Mutasi tersebut tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/2774/XII/KEP./2022 hingga ST/2777/XII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada. 

Dalam surat telegram tersebut, Kapolri melakukan rotasi mulai dari tingkat Perwira Menengah berpangkat AKBP hingga Perwira Tinggi Komisaris Jenderal (Komjen).  Mutasi tersebut terjadi di tingkat Polres, Polda hingga pejabat utama Mabes Polri.

Bayu mengatakan rotasi tersebut merupakan hal yang lumrah bagi Polri. "Mutasi adalah hal yang biasa dalam dinamika organisasi sebagai tour of area and tour of duty, penyegaran serta promosi," ujarnya, Minggu (25/12/2022).

Beberapa Perwira Polda Bali yang dirotasi tersebut, yaitu Brigjen Pol Awang Joko Rumitro, S.I.K. Irwasda Polda Bali yang sudah lama mendapatkan promosi kenaikan pangkat, dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (Penugasan pada BNN) digantikan oleh Kombes Pol Arief Prapto Santoso, S.I.K., S.H., M.M. yang sebelumnya menjabat Irbidjemengarku Itwil V Itwasum Polri.

Kombes Pol Firman Nainggolan, S.H.,M.H. Karoops Polda Bali dimutasikan menjadi  Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Lemdiklat Polri, sebagai penggantinya Kombes Pol Nuryanto, S.I.K., M.Si. Analis Kebijakan Madya Bid Watpers SDM Polri (dalam rangka pendidikan Sesko TNI T.A. 2022)

Berikutnya Kombes Pol Ir. Roedy Aris Tavip Puspito, M.Si. Kabidlabfor Polda Bali dipindahkan ke Bareskrim sebagai Anjak Madya Bidang Labfor Bareskrim Polri digantikan oleh Kombes Pol Sugeng Hariyadi, S.I.K., M.H. Dirreskrimum Polda Sumbar.

Kombes Pol I Gede Adhi Mulyawarman, S.I.K.,M.H.  Auditor Kepolisian Madya Tk. III  Itwasda Polda Bali, juga mendapatkan jabatan baru  sebagai  Anjak Madya Bidang Jemen SDM Itwasum Polri (lulusan Dikreg  Sesko TNI T.A. 2022) dan posisinya digantikan oleh AKBP I Dewa Made Alit Artha, S.I.K., M.H. Kabagbekum Rolog Polda Bali mendapat promosi untuk bisa naik pangkat menjadi Kombes Pol sebagai Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Bali.

Berikutnya, Kombes Pol Bambang Tertianto, S.I.K. Kabidpropam Polda Bali dipindahkan ke Divisi Propam Mabes Polri menjabat Anjak Madya Bidang Wabprof Divpropam Polri. Sebagai penggantinya adalah Kabid TIK Polda Bali Kombes Pol I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H.

Sedangkan Kabid TIK Polda Bali kini dijabat oleh AKBP Ambariyadi Wijaya, S.I.K., S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimsus Polda Bali sehingga akan segera juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol.

Untuk jabatan Kabiddokkes yang sudah lama ditinggalkan pejabat lama karena  mendapat promosi ke Pusdokkes Polri diisi oleh Kombes Pol dr. Komang Nurada Mahardana, Sp.THT-KL yang sebelumnya menjabat sebagai  Kabiddokes Polda NTB.

Yang terakhir dan ditunggu-tunggu Kabagbinkar Ro SDM yang sempat lowong karena ditinggal oleh pejabat lama, kini dijabat oleh AKBP Tri Goffarudin Pulungan, S.I.K., M.H. yang sebelumnya menjabat Kapolres Gowa Polda Sulawesi Selatan.

"Adanya penyegaran beberapa pejabat utama Polda Bali ini dapat semakin meningkatkan kinerja Polda Bali dalam memberikan pelayanan Sepenuh hati, yang terbaik kepada masyarakat", ujar Bayu. (PS/Rel)

Komentar Anda

Terkini: