Bupati Samosir Berikan Tambahan Anggaran Untuk Desa Rinabolak

/ Selasa, 24 Januari 2023 / 17.36.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom memberikan penambahan anggaran sebesar 100 juta untuk Desa Rinabolak tahun anggaran 2023. Tambahan keuangan itu diperuntukan untuk pembangunan kantor desa dan infrastruktur. 

Demikian disampaikan Vandiko dihadapan masyarakat desa Rinabolak Kecamatan Onan Runggu, dalam program Bunga Desa (Bupati Ngantor Didesa) selasa (24/01). 

Dijelaskan Vandiko, Bunga Desa dilaksanakan untuk mengetahui secara langsung kondisi Desa, memberikan pelayanan kepada masyarakat  dan mendengarkan aspirasi langsung kebutuhan desa, sekaligus memperpendek rentang kendali masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

"Kami memindahkan semua pelayanan yang ada di Kabupaten. Melayani secara langsung  ke Desa untuk memudahkan dan membantu mempercepat pengurusan dokumen kependudukan dan dokumen lainnya" kata Vandiko. 

Pelayanan yang dimaksudkan, berupa pengobatan gratis dan vaksinasi Covid 19, pengurusan dokumen kependudukan, perijinan, penyuluhan KB dan stunting, BPJS Gratis, pemberian pupuk organik dan bibit, bantuan pendidikan dan pelayanan lainnya, serta menghadirkan Bank Sumut Cabang Pangururan untuk memudahkan masyarakat membuka rekening dan informasi KUR yang disalurkan Bank Sumut.

Sementara untuk memudahkan akses masyarakat didaerah itu, Bupati Vandiko berjanji akan membangun jembatan Simarpinggan-Sitahuan dan Simarpinggan-Rinahor, serta melakukan pembukaan jalan yang akan dilanjut dengan sirtunisasi.

Pada kesempatan itu Bupati juga memberikan bantuan Rp. 3.500.000/ bulan selama 10 bulan untuk pemenuhan gizi khusus stunting yang ada didesa itu. Dibantu oleh Kader PKK dan Bidan maka kasus stunting didesa itu ditargetkan akan tuntas oktober mendatang. 

Dalam Program Bunga Desa kali ini, Bupati didampingi PJ Sekdakab, Para Pimpinan OPD, Kadis dan beberapa pegawai Dinas Kominfo serta Dua orang DPRD Samosir. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: