Camat Angkola Barat Hadiri Musrenbang Desa Siuhom Tahun Anggaran 2024.

/ Rabu, 18 Januari 2023 / 21.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu yang diwakili Sekretaris Kecamatan Angkola Barat Ibu Rizki Yuhdiana Siregar, S.Pd hadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbang) Desa Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, bertempat di aula madrasyah Desa setempat Rabu (18/1-2023).


Rizki Yuhdiana Siregar, S.Pd mewakili Camat Angkola Barat  menyampaikan permohonan maaf dan titip salam pak Camat kepada kita semua tidak bisa  hadir karena ada acara  desa binaan kategori PAAR di Desa Sialogo," ucapnya. 

Ibu Rizki Yuhdiana Siregar, S.Pd mari kita ajukan, kita sepakati mana yang betul betul prioritas tidak mesti banyak tetapi lihatlah keperluannya, manfaatnya itu yang pertama yang perlu kami tekankan. 

"Lanjut Camat menyampaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa merupakan forum musyawarah tahunan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di desa," ujarnya. 

“Untuk itu jangan pernah bosan bosan menyampaikan aspirasi, dalam usulan progam prioritas 2024. Inilah bapak ibu supaya selalu rajin bersama-sama dan gigih untuk ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang ini,” imbuhnya.

"Disampaikan,tadi sudah disampaikan Pak kades bahwa usulan itu tidak harus dari dana desa, ada dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten yang bisa kita usulkan melalui aplikasi SIPD.

Intinya kita berharap usulan kita diterima dan bagaimna caranya, yaitu kita kompak mulai dari pendamping desa, Kepala Desa dan Pihak kecamatan mengawal usulan kita ini," ucapnya. 

Ibu Rizki Yuhdiana Siregar, S.Pd dengan kompak sesekali menyapa Kepala kampung, dan diharapkan Kepala Kampunglah yang menjadi utusan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Jangan ada dusta diantara kita, lihatlah indikator penerima BLT  yang miskin ekstrim. Harapan kami di desa ini BLT tidak ada permasalahan. Kepada operator tolong diprint aturan syarat penerima BLT dan kepala Kampung tolong sampaikan kepada masyarakat," ucapnya dengan semangat.  

Untuk masyarakat yang berhak penerima BLT DD, Sekcam menyampaikan  agar kades mengundang ketua BPD dan anggota. Intinya musyawarah dan mupakat untuk penerima BLT DD, " ucapnya.  

Selanjutnya pendamping Desa M.Swandi Silitonga menyampaikan bahwa  musrenbang tahun 2023 tujuannya untuk perencanaan tahun 2024. 

Perlu kami informasikan penggunaan Dana desa untuk anggaran tahun 2023 yaitu sesuai PMK 201 peraturan menteri keuangan penggunaan BLT Dana Desa minimal 10 persen dan maksimal 25 persen," ucapnya. 

Kami harapkan agar Pemerintah desa yang dipimpin BPD untuk membuat musyawarah di desa agar tidak ada salah paham di desa tentang penggunaan BLT DD," ujarnya. 

Disampaikannya anggaran Dana desa  tahun 2023 adalah sebesar Rp 836.000.000. Kalau kita ambil maksimal 25 persen maka yang mendapat BLT DD maksimal sebanyak 58 orang," ucapnya. 


"Selanjutnya, Kepala Desa Siuhom Kec. Angkola Barat Amantua Simamora menyampaikan mari sama sama kita usulkan skala yang prioritas di musrenbang  desa ini melalui SIPD secara online," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikannya,"  Penerima program bantuan langsung tunai (BLT) kemiskinan ekstrem yang bersumber dari dana desa 2023 harus memenuhi empat kriteria. Pertama keluarga penerima manfaat (KPM) BLT kemiskinan ekstrem, yakni pendapatan kurang dari Rp500 ribu/bulan, kedua punya penyakit kronis atau menahun, ketiga lanjut usia (lansia), dan terakhir difabel," ucap Kades.

Adapun usulan peserta musrenbang desa yaitu dari Kepala kampung Adian Nauli Paten perbaikan jalan, kepala kampung tapalan pembagunan listrik  tenaga surya , bukaan badan jalan ke desa  tapalan, tenda dan kursi 50 unit dan pengeras suara 4 unit. 

Sementara Kepala Kampung tangga batu usulkan  kelanjutan pembangunan jalan rabat beton sekitar 2 KM. 

Usulan dari NNB pentas key board,  kursi plastik,  peralatan alat alat 
penggalian kuburan.

Usulan dari tokoh masyarakat dari dana APBD Provinsi maupun Kabupaten pembangun TPT desa Adian Nauli. 

Kepala SD  100112  Siuhom  usulkan pemagaran,  wifi,  jalan, dan asbes sekolah. 

Kepala SD  100110 Siuhom  usulkan  plafon karena sudah rusak atau lapuk,  pembangunan  lantai,  rehab ruang kelas,  pemagaran sekolah,  rehab kamar mandi siswa,  rehab kamar mandi guru. 

Dari Bidan desa yaitu  fasiltas kesehatan didesa Siuhom seperti timbangan bayi dan lain sebagainya.

Seterusnya  mewakili Pertanian,  PKK Desa,  dan masyarakat lainnya  juga  mengusulkan usulannya masing masing.  Turut hadir dalam acara tersebut Camat Angkola Barat yang diwakili Sekcam Angkola Barat Rizki Yuhdiana Siregar S.Pd, Kepala Desa Siuhom, Pendamping desa,  Babinsa, Ketua BPD dan anggota BPD,  NNB,  Karangtaruna,  PKK desa,  mewakili instansi terkait dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI)














Komentar Anda

Terkini: