Ingin Tingkatkan Hasil Pertanian, Pembangunan Irigasi Menjadi Harapan Warga

/ Rabu, 11 Januari 2023 / 20.42.00 WIB



 


POSKOTASUMATERA.COM. KARO - Masyarakat Dua Kecamatan, Yakni Kecamatan Mardingding Dan Lau Baleng ( Karo Berneh) Kabupaten Karo Harapkan Pembangunan Peningkatan Irigasi Untuk meningkatkan Daya Ekonomi warga sekitar melalui peningkatan Irigasi, Melalui Pemerintah Daerah  ( Pemda) Karo. 

Hal ini di sebabkan irigasi yang sudah ada tidak mampu mencukupi  kebutuhan petani  dan sangat mengharapkan bantuan pembangunan saluran irigasi permanen. " Sebab, saluran irigasi saat ini belum mampu menyuplai air dengan maksimal" ujar Warga  Lau Baleng Bermarga Tarigan.

Salah seorang masyarakat setempat Edy, ( 43) warga kecamatan Mardingding mengatakan, akibat belum adanya saluran irigasi permanen, berdampak buruk terhadap area persawahan masyarakat. Dimana, saat musim hujan sawah masyarakat menjadi genangan air, karena, air meluap dari saluran irigasi yang kondisinya terus mengalami pendangkalan. Dan bilamana musim kemarau maka tidak bisa mendapatkan suplai air yang mencukupi.

" seandainya pembangunan Lau Solu dan Lau Mandin juga lau Rambung di korek, kemudian akan menjadi multi fungsi bagi para petani dan penguna jalan, semoga aja pembangunan irigasi segera terlaksana" ujar Warga. 

“Dengan irigasi seadanya, pengairan sawah masyarakat tidak berjalan normal. Jika musim penghujan areal persawahan akan terendam karena luapan air dari saluran tersebut dan bila kemarau akan mengalami kekeringan,” ujar Edy. 

Warga lainya bermarga Karo Karo mengatakan bahwa banyak penduduk  yang bergantung hidup pada hasil pertanian "  mayoritas warga disini bergantung  pada hasil pertanian . Seandainya  area pertanian  mengalami hambatan seperti terendam air atau kekeringan. Maka berimbas pada kerugian petani, sehinga berdampak pada ekonomi kami,  dan Kami berharap kedepan saluran irigasi ini dapat dibangun secara permanen,” ujar Karo Karo. 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karo Edward Sinulingga, yang di konfirmasi poskotasumatera.com mengatakan sangat mengapresiasi keinginan warga Karo Berneh yang memiliki keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan pertanian " saya berharap agar masyarakat memajukan permohonan, dan setelah sampai akan kami tindak lanjuti,  dalam pembangunan waduk perlu pembebasan lahan, dan jika memang sudah ada kami akan meninjau untuk langkah  selanjutnya "  ujar  Edu Sinulingga. ( PS/ BUDIMAN S)



Komentar Anda

Terkini: