Kunker ke Aceh Barat, Panggar DPRK Lhokseumawe Pelajari Mekanisme Penyusunan Anggaran

/ Kamis, 19 Januari 2023 / 23.09.00 WIB
IRWAN YUSUF | WAKIL KETUA 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE - Dalam kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten Aceh Barat, tim Panitia Anggaran (Panggar) DPRK Lhokseumawe yang di koordinir oleh Wakil Ketua DPRK Irwan Yusuf mempelajari langkah langkah strategis dalam penyusunan anggaran.

Mekanisne penyusunan anggaran secara teknis akan memberikan kontribusi kepada OPD selaku pihak yang melakukan jalannya suatu kegiatan / program untuk kepentingan publik di wilayah kota Lhokseumawe, ungkap Irwan Yusuf Wakil Ketua DPRK kepada Poskota, Kamis 19 Januari 2023.

Adapun Panitia Anggaran DPRK Lhokseumawe yang hadir, Irwan Yusuf (wakil ketua), Akmal (anggota) Muhammad Ismail Soleh (anggota),  Roslina (anggota), Hanirwansyah (sekwan), Kamaruzzaman (kabag Risalah), dan rombongan lainnya. 

Menurut Irwan Yusuf, output dari kunjungan kerja ke Aceh Barat ini, bagian dari mendalami regulasi ter update yang dilakukan pemerintah Aceh Barat untuk bahan referensi kami dalam penyusunan anggaran nantinya.

Sambung legislator Gerindra ini, penyusunan anggaran dengan pola yang baik, akan memudahkan dalam pelakaanaannya nanti. Sehingga anggaran yang terealisasi dapat memberikan outcome kepada kepentingan publik untuk mendorong percepatan pembangunan dan ekonomi masyarakat di kota yang dijuluki petro dollar.

Sebagaimana di paparkan oleh tim anggaran DPRK Aceh Barat yaitu salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam sebuah perencanaan strategi pemerintah adalah persoalan budgeting atau anggaran. Sebab, dengan pembuatan anggaran yang tepat, strategi pemerintah juga bisa berjalan lancar.

Pada umumnya, sistem budgeting dalam pemerintahan adalah untuk dapat mempengaruhi kesuksesan suatu perencanaan pemerintah dalam menjalankan kegiatan/program oleh OPD. Penyusunan anggaran berkaitan erat dengan manajemen, khususnya yang berhubungan dengan penyusunan rencana (planning), mengkoordinasikan kerja (coordinating) serta pengawasan (controlling), seru tim anggaran DPRK Aceh Barat.

Dari presentasi yang dipaparkan Panggar DPRK Aceh Barat, setidaknya telah menjadi bahan tambahan bagi Panggar DPRK Lhokseumawe untuk menata langkah langkah strategis dalam menyusun anggaran ke depan. Selain berpengaruh terhadap pemetintahan, budgeting juga memiliki banyak manfaat bagi pemerintah, ujar Irwan Yusuf.

Intinya setelah anggaran kita tempatkan pada OPD, tugas kita terakhir adalah melakukan pengawasan sejauh mana progress report telah dilakukan oleh OPD selaku perangkat pemerintah dalam mengeksekusinya untuk kepentingan publik.

Selain bahas sistem penganggaran, kunjungan tim panggar DPRK Lhokseumawe juga bagian dari ajang rajut silaturrahmi sesama wakik rakyat. Baik di Lhokseumawe maupun di Meulaboh yang sama sama mempunyai tugas menyampaikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, sebut Wakil ketua DPRK Lhokseumawe Irwan Yusuf. (ADV)


Komentar Anda

Terkini: