Musrembang Desa Aek Parupuk Kec. Tantom Angkola Berjalan Lancar

/ Sabtu, 14 Januari 2023 / 07.38.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musrenbang Desa Aek Parupuk Kec. Tano Tombangan Angkola bertempat di Kantor desa Setempat Jum'at (13/1-2023) berjalan aman dan lancar.


Kepala Desa Aek Parupuk R. Panggabean SH dalam paparannya antara lain menyampaikan kepada peserta musrenbang  bahwa desa kita ini adalah desa binaan kategori Hatinya PKK,  untuk itu dalam musrenbang ini saya sampaikan bahwa anggaran dari Dana desa tahun 2023 harus kita siapkan untuk anggaran Desa binaan. 

Kades berharap, Program desa binaan dapat berjalan sesuai target yaitu bisa meraih juara sehingga menjadi utusan Tapsel Ke tingkat Provinsi," harap Kades.

Dalam mencapai target juara Desa binaan kategorinya hatinya PKK,  dipastikan akan ada kendala atau hambatan-hambatan, namun kuncinya adalah kekompakan terus lakukan komunikasi, koordinasi, dan kerja sama (tim work)  yang baik antara pemerintah desa dan masyarakat," ucap kades. 

Selanjutnya Kepala Desa Aek Parupuk berharap, " peserta musrenbang ini untuk menyampaikan usulannya masing  baik yang ditampung di Dana desa dan APBD Tapsel, APBD Provinsi dan APBN untuk kita tampung anggaran tahun 2024," harap kades. 

Kepala Desa juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu SPt MM yang sudah membangun sarana prasarana di desa kita tahun 2022 lalu," ucap Kades.

 
Camat  Tano Tombangan Angkola Indra Sakti Siregar S. Sos 
yang diwakili Kasi Pemerintahan menyampaikan  titip Salam  dan permohonan maaf Pak Camat tidak bisa hadir karena ibu camat masih dirawat di rumah sakit. 


Kami dari pemerintahan kecamatan tano Tombangan Angkola berharap, acara musrenbang ini nanti berjalam aman, lancar sampai selesai.


Diharapkan kepada peserta musrembang agar menyampaikan usulan usulan yang munurut nya prioritas untuk ditampung pada tahun anggaran 2024.

Selanjutnya Danramil 18 Batangangkola Kapten S.Pakpahan menyampaikan," hanya satu permintaan kami  dari pihak TNI yaitu kita laksanakan  acara musrenbang ini tanpa ada kepentingan pribadi.Kita harapkan musrenbang ini yang diusulkan adalah kepentingan yang diprioritaskan,"harapnya.
Musrenbang ini dimulai dari dusun yang dibawakan ke musrembang desa. Mari kita sama sama mngusulkan yg sudah kita remcanakan. Mari kita pikirkan pembangunan desa ini sampai ke anak cucu kita," Ujar Danramil.

Sementara dari Pendaping desa menyampaikan didalam penetappan RKPDes sesuai permedes nomor 8 tahun  2022 ada beberapa program Nasional yang harus dianggarkan di dana desa  yaitu untuk opersional desa sebanyak 3 persen, kegiatan pencegahan  Stunting sebanyak 5 persen dan ketahanan pangan sebanyak  20 persen. 

Disampaikan," Penetapan musdes hasil RKPDes  5 oktober 2022 oleh Kasi Pembangunan ada 19 item yang diusulkan untuk kegiatan yang bersumber dari dana desa. Untuk itu mari kita musyawarahkan pada musrenbang mana skala yang lebih diprioritaskan," ujarnya.

Disampaikan bahwa dana desa Aek Parupuk adalah sebanyak  Rp 700 juta. Setelah dihitung hitung untuk biaya program nasional maka sisa dana desa kita yang bisa dimanfaatkan hanya sebesar Rp 230 juta.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Tano Tombangan Angkola Yang diwakili Kasi Pemerintahan, Kepala Desa Aek Parupuk, Ketua BPD, Danramil 18 Batangangkola, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Aparat desa,Tokoh masyakarakat, tokoh pemuda, Karangtaruna dan undangan lainnya.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: