Musrembang Desa Mondang Kec. Sayurmatinggi Berjalan Lancar

/ Kamis, 12 Januari 2023 / 19.38.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM- TAPSEL -Musrenbang Desa Mondang  Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan,  Tahun Anggaran 2024 berjalan lancar.


Kegiatan yang diselenggarakan di kantor Desa Rabu (11/1-2023 ) di hadiri oleh , Kades Mondang  Ependi Harahap, Perangkat Desa, Muspika Kecamatan Sayurmatinggi, Kepala Dusun, Camat Sayurmatinggi Enri Cofermi, S. Pd M. Pd yang diwakili Sekcam, Tenaga ahli dari Kabupaten,  Pendamping Kecamatan,  pemdamping desa, BPD,  LPMD,  tokoh adat,  toloh masyarakat,  bides kepala SD Mondang,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas dan undangan lainnya. 

Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan Tahunan di tingkat Desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah Desa, di usulkan di tingkat Kecamatan.



Kades Mondang,  mengatakan, melalui kegiatan musrenbang desa ini mendorong partisipasi masyarakat Desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat Desa.

“Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap tiap dusun yang ada di desa Mondang dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut diikut sertakan sebagai bahan musrenbang di tingkat Desa,” Ucap Ependi Harahap.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak Desa maupun pihak Kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang Desa Tahun 2024

“Usulan usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada musrenbang tingkat kabupaten,” pungkas Ependi Harahap. 

Kades berharap semua usulan yang direncanakan ini terpenuhi semuanya, karena semua usulan ini memang benar benar skala prioritas Desa Mondang, "Ucapnya.

Kades Mondang Ependi Harahap mendapingi Ketua TP.PKK Tapsel nyonya Rosalina Dolly Pasaribu menerima hadiah Juara Harapan I Tingkat Provinsi Desa Binaan kategori pola asuh anak dan remaja di hotel le polonia Medan pada Tgl 18 November 2022 

Usai pelaksanaan musrenbang desa," selanjutnya Kades Mondang Ependi Harahap menyampaikan rasa bangga mendampingi ketua TP. PKK Tapsel  Nyonya Rosalina Dolly Pasaribu menerima hadiah prestasi  Juara Harapan I Tingkat Provinsi  desa Binaan  Kategori pola asuh anak dan remaja di hotel le polonia Medan . 

Prestasi yang kita raih ini adalah berkat kerja keras seluruh tim, baik PKK Desa Mondang, PKK Kecamatan Sayurmatinggi, PKK Kabupaten Tapanuli Selatan, Dinas PMD Tapsel,  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Camat Sayurmatinggi dan sejumlah OPD lainnya. Kita tahu bersama upaya pembinaan pola asuh anak dan remaja ini telah kita lakukan dari jauh-jauh hari, mulai dari sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu pola asuh anak dan remaja sampai dengan timbulnya ide kreatif terhadap kegiatan tentang pola asuh anak dan remaja di Desa Mondang,” jelasnya.

Efendi Harahap menyampaikan, " suksesnya upaya pembinaan pola asuh anak dan remaja di Desa Mondang Kec. Sayurmatinggi adalah atas peran besar Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu STp MM, dan Ibu Ketua TP PKK Tapsel Nyonya Rosalina Dolly Pasaribu, " ucap Kades. 

Kades Mondang Ependi Harahap menyampaikan apresiasi karena luar biasa perhatian Bupati Tapanuli Selatan untuk pembangunan sarana prasana desa  Mondang yang bersumber dari dana APBD Tahun 2022.


"Adapun pembangunan sarana prasarana di desa Mondang Kec. Sayurmatinggi  tahun 2022 yaitu dek penahan jembatan,  aspal Hotmik menuju jalan ke  kebun desa mondang, pembangunan jamban sehat dan pembangunan drainase menuju mesjid," ucap kades. 

Atas nama Pemerintah Desa Mondang Kecamatan Sayurmatinggi berharap agar Allah SWT memberikan kesehatan kepada Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu S. Pt MM dan keluarga agar pembangunan di desa Mondang terus berlanjut, " harap Kades yang dekat dengan Masyarakat.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: