Musrembang Tahun 2024 Dan Penetapan Anggaran Dana Desa Sisoma Tahun 2023 Berjalan Lancar

/ Senin, 16 Januari 2023 / 19.08.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL Bertempat di Kantor Desa Pemdes Sisoma  kecamatan Tano Tombangan Angkola Kab. Tapanuli Selatan   melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang)  desa untuk Tahun anggaran (2024) mendatang dan penetapan alokasi dana desa yang bersumber dari dana APBN berjalan lancar pada hari Senin (16/1-2023). 


Kegiatan musrenbang desa Sisoma tahun anggaran 2024 dan penetapan alokasi Dana desa yang bersumber dari dana desa dengan moderator Ketua LPMD Oral Pallo Simanungkalit. 

Turut hadir dalam acara musrenbang Kepala Desa Sisama Hardi Siahaan,  Camat Tantom Angkola Yang diwakili Sekretaris  Kecamatan Ali Rahman, Kasi Pembangunan Ernita Simanjuntak, Kepala Puskesmas Batu Horpak Friska Silalahi, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping desa,   Tokoh masyarakat,LPMD,Kader Posyandu, PKK, Tokoh adat, ,  Ketua BPD beserta anggota, Pendamping Lokal Desa, tokoh Masyarakat, tokoh agama, , tokoh pemuda dan para undangan serta awak Media yang sempat hadir.

Kepala Desa Sisoma Kec. Tano Tombangan Angkola Hardi Siahaan mengucapkan terimakasih kepada Sekcam Tano Tombangan yang baru bertugas di Kecamatan ini, Kasi Pembangunan dan seluruh undangan yang telah bersedia hadir dalam musrenbang desa ini. 

Kiranya apa yang merupakan skala prioritas yang kita usulkan baik APBD Kabupaten Tapsel,  APBD Provinsi dan APBN dapat terwujud, " harap Kades. 

Adapun hasil musyawarah penetapan Anggaran yang bersumber dari dana desa (DD)  adalah sebagai berikut

Jumlah Dana desa tahun anggaran 2023 desa Sisoma Kec. Tantom Angkola adalah Rp 743.331.000.

Sesuai hasil rapat penetapan alokasi anggaran dana desa yaitu : 
BLT sebanyak 25 persen Rp 185.822.700,  alokasi Ketapang 20 persen 148.666.200,  operasional desa 3 persen Rp 22.299.900,  Stunting 5 persen Rp 37.116.5000,,Bimtek lebih kurang Rp 80 Jt, 
Alokasi penggunaan dana desa yang diatas adalah secara Nasional. 


Sementara Silpa dana desa skala nasional 209.365.570. Sesuai hasil rapat digunakan untuk : untuk bidang fisik rehap air bersih,Lapen,  
Keagamaan,  Rp 36 jt 
,Pkk Desa 20 Jt., PPHP.Rp 10,800,000, Dana Tanggap Darurat Rp 5 Juta,  
PKPKD Rp 36 jt,  Posyandu Rp 24 juta, Honor Sipungut Liat 6 jt.  
Seragam BPD,
Seragam Lansia. Seragam hatobangon,  Operasional BPD, 
Baju Seragam PPLKB,seragam 
Kader posyandu,
Tratak + Dangdang sebanyak 5 buah.  Seragam karangtaruna,   Kostum bola, honor
Ketua serikat, Kebutuhan kantor
Leptop dua dan printer satu. Honor Sipungut liat. 

Sementara usulan Musrenbang Tahun . 2024.
APBN Normalisasi sungai Batangangkola,  
APBD Tingkat Provinsi Sumatera Utara  Jalan  Pertanian Kebun, Irigasi Batangangkola,  
APBD Kabupaten Tapsel TPT jln raya lebih kurang 900 meter, drainase jalan raya lebih kurang 900 Meter.  pengadaan bibit padi, pengadaan bibit jagung, pelatihan jahit menjahit, kegiatan perlindungan anak dan dibuatkan sk forum anak desa.

Pantauan awak media musrenbang desa Sisoma terjalin komunukasi dua arah antara Pemerintah desa dengan peserta musrenbang sehingga terlihat suasana hangat terjadi sehingga menghasilkan usulan yang benar benar dari arus bawah (botton up)  bukan dari atas ke bawah (top down). 

Kegiatan musrenbang berjalan aman dan lancar sampai selesai sampai akhirnya ditutup Ketua BPD Desa Sisoma. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: