Peduli Kasus Anemia, SMP N 1 Marancar Kerjasama Puskesmas Batangtoru dan PLTA Batangtoru Gelar Penyuluhan Kesehatan

/ Senin, 09 Januari 2023 / 21.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Peduli Anemia defisiensi besi (iron deficiency anemia) adalah jenis anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi, SMP N 1 Marancar bekerjasama dengan Puskesmas Marancar Udik dan PLTA Batangtoru mengadakan Sosialisasi   Anemia kepada dokter remaja.


Kegiatan ini dilaksanakan,  Senin (09/1-2023) bertempat di aula  Sekolah setempat . 

Acara sosialisasi Anemia dibuka Oleh   Kepala SMP N 1 Marancar Hj.Irma Susana Harahap S.Pd  dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi misi Bupati Tapanuli Selatan Bapak H.Dolly Pasaribu SPt MM yaitu masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera.


 "Kepala Sekolah berharap semoga acara sosialisasi ini memberikan manfaat, menambah pengetahuan dan wawasan tentang anemia". 


Kegiatan ini bertujuan agar siswa tahu apa itu anemia, tanda dan gejalanya, makanan yang harus dikonsumsi, perkembangan fisik dan psikis masa remaja, pentingnya konsumsi tablet tambah darah serta pembentukan kader anemia. 

Selanjutnya Kepala SMP N  1. Marancar," mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepada PLTA Batangtoru,  Kepala Puskesmas Marancar Udik dan jajarannya,  Ketua Panitia,  dan Bapak Ibu Guru SMP N 1 Marancar yang ikut  menghadiri acara ini.


"Narasumber yang menyampaikan materi pada sosialisasi ini adalah Ibu  Lili Khairani dari Puskesmas Marancar Udik. Beliau menyampaikan tingginya prevalensi anemia disebabkan beberapa faktor. Salah satunya rendahnya asupan zat besi. Zat besi (Fe) adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk hemoglobin di dalam sel darah merah.

 Hemoglobin (Hb) adalah sejenis protein yang berfungsi mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh, sehingga saat seseorang mengalami kekurangan zat besi, maka distribusi oksigen ke seluruh tubuh juga akan terganggu. Efeknya metabolisme tubuh pun tidak akan berjalan dengan lancar. Kondisi ini disebut Anemia Defisiensi Besi (ADB).

Gejala ringan anemia defisiensi besi : mudah lelah, sakit kepala, denyut jantung cepat, sulit berkonsentrasi. Gejala yang lebih parah : warna kulit pucat, lidah bengkak, sariawan, tangan kaki dingin, nyeri dada, kuku rapuh, kesulitan menelan, kebiruan di bagian putih mata dan nafsu makan menurun. 

Upaya pencegahan dan penanggulangan anemia yang perlu dilakukan adalah berperi laku hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu pemerintah mempunyai program pemberian tablet tambah darah (TTD)," ujarnya. 

Puskesmas Marancar Udik memberikan subsidi tablet tambah darah dan pemeriksaan darah
untuk siswa Siswa/i SMP 1 Marancar, " ujar Bu Bidan Cantik ini. 

Turut hadir  dalam acara tersebut Kepala Puskesmas Marancar Udik Eva Lesrina Asrin Siregar, beserta bidan desa,  PLTA B. Toru Ibu Derma,.Panitia dan Bapak Ibu Guru SMP. n 1 Marancar. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: