Pertama Kali, Tapsel Raih Penghargaan dari Kementerian Kominfo RI Kategori Master Plan Smart City

/ Jumat, 06 Januari 2023 / 09.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Untuk pertama kalinya, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia (RI) atas penyelesaian dokumen penyusunan master plan kota cerdas (Smart City) tahun 2022.



"Penghargaan itu diterima Pj Sekretaris Daerah M Frananda, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta," kata Bupati Dolly Pasaribu kepada wartawan di Sipirok, Kamis (5/1). 


Dikatakan, dokumen dari Smart City menjadi perencanaan strategis untuk pembangunan Tapsel ke depan.


"Untuk mewujudkan Smart City, ada enam dimensi juga yang dapat dibangun bersama di seluruh Tapsel, tujuannya adalah meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal," sambungnya.


"Enam dimensi itu, smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment," terangnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Tapsel, Inganan Dalimunthe menjelaskan, penghargaan itu diraih atas dasar apresiasi Kementerian Kominfo RI kepada peserta Kota/Kabupaten se-Indonesia dalam menyelesaikan dokumen penyusunan master plan kota cerdas (Smart City) tahun 2022  


"Tahun 2021 ada 50 Kota/Kabupaten se-Indonesia berhasil lolos asesment untuk ikut dalam Gerakan Menuju Smart City dan menyusun master plan kota cerdas (Smart City)".


"Tapsel yang kali perdana mengikuti asesment master plan kota cerdas (Smart City) se-Indonesia itu, langsung dinyatakan lolos mengikuti tahap bimbingan teknis yang ditangani langsung para tenaga ahli dari Kementerian Kominfo RI selama 4 Bulan, 8 kali pertemuan di tahun 2022, pada masing-masing Kota/Kabupaten," katanya.


Lebih lanjut Inganan mengatakan, kala itu, selama proses bimbingan teknis, Tapsel sudah berhasil menyusun dokumen pelaksanaan teknis master plan kota cerdas (Smart City) nya, berkat kerjasama pemikiran dan ide-ide cerdas antar OPD


"Atas dasar kesiapan kita menyelesaikan dokumen penyusunan master plan kota cerdas (Smart City) Tahun 2022 itu, diapresiasi Kementerian Kominfo RI dengan penghargaan," ujarnya.


Ditambahkan, selain penghargaan, juga diperoleh buku master plan kota cerdas (Smart City) yakni, buku 1 tentang Analisis Strategi Smart City Daerah Kabupaten Tapsel, buku 2 tentang Masterplan Smart City Kabupaten Tapsel, Buku 3 tentang Executive Summary dan Buku 4 tentang Quickwin, yang nantinya merupakan acuan untuk membangun smart city di Kabupaten Tapsel, tuturnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: