Gelar Rakor, BP Jamsostek dan Pemkab Palas Bahas Perlindungan Seluruh Pekerja

/ Rabu, 22 Februari 2023 / 09.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIBUHUAN-PALAS-BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kantor Cabang Padang Sidempuan bersama Pemkab Padang Lawas (Palas) menggelar rapat koordinasi ( Rakor)  membahas program dan rencana strategis menuju Universal Labour Coverage (perlindungan pekerja secara menyeluruh) di wilayah itu.


Dalam keterangan tertulis yang dilansir BP Jamsostek Kantor Cabang Padang Sidempuan, Rabu (22/02/2023), kegiatan Rakor  telah digelar di Dviza Cafe, Sihubuan Palas, Kamis (16/02/2023) lalu.

Hadir pada kegiatan dari unsur Pemkab Palas  Sekretaris Daerah (Sekda) Arpan Nasution, Asisten Perekonomian Pembangunan Marza Zenova, Kadisnaker Ratna Dewi, Kaban BPKPAD Fajar Hasibuan, Kabag Hukum Muhamad Hadi, Kabid Anggaran Yunirwan dan Kabid Pemdes Nirwan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, pekerja yang menjadi sasaran BP Jamsostek di Padang Lawas sekitar 145.288.

Pekerja itu  terdiri dari para pekerja di sektor formal (penerima upah) dan informal (upah).

Namun yang cukup memprihatinkan adalah jumlah yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan baru mencapai  13.076 atau sekitar 9 persen.

Lantas persoalan minimnya perlindungan pekerja Jamsostek,  menjadi perhatian serius dalam rakor itu.

Setdakab Palas Arpan Nasution angkat bicara terkait minimnya pekerja yang masuk dalam jejaring perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Diawali dengan menyampaikan terimakasih kepada BP Jamsostek Arpan menyebut program Jamsostek dinilai sangat membantu masyarakat terutama para ahli waris yang menerima santunan kecelakaan kerja dan kematian.

Lantaran program Jamsostek banyak memberikan manfaat, pemkab mengaku tertarik untuk mengembangkan kepesertaan hingga ke pelosok desa. Hal itu lantaran iuran terkecil sebesar Rp 16.800 per bulan, namun ahli waris mendapat santunan kematian Rp 42 juta. 

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Sanco dan jajaran. Sebelumnya kita juga  sudah sering menyerahkan santunan dengan Pak Wahyudi Kakacab Palas baik di Kantor Bupati maupun didepan ahli waris. Atas nama Pemkab Palas kami menyampaikan terimakasih karena sudah sangat membantu warga," ungkap dia sembari  berharap kolaborasi BPJS ketenagakerjaan dan Jamsostek dapat ditingkatkan.

Lebih jauh Setdakab sedang mempertimbangkan sejumlah prioritas, diantaranya penggunaan Alokasi Dana Desa (Anggaran Desa) dan Pendaftaran Anggota Korpri.

"Secara khusus kepada Pak Kadis PMD, coba nanti dilaporkan sama pimpinan, bagaimana peluang pembiayaan tenaga rentan lewat dana APBD Desa / ADD," imbuh Sekdakab Palas.

"Meski secara  bertahap, ada baiknya dipertimbangkan bagaimana agar para tenaga rentan dan miskin dapat terbantu dalam hal jaminan sosial ketenagakerjaan," terang Arpan.

Sementara upaya lain meningkatkan cakupan kepesertaan adalah peran perusahaan lewat dana CSR membantu pembayaran iuran bagi warga yang berada dikawasan operasional.

"Insya Allah, kami tetap berupaya dan bersinergi dengan beberapa perusahaan untuk membantu warga mendapatkan Jamsostek lewat dana CSR perusahaan," tutup Arpan.

*Dana Desa bagi Pekerja Rentan*

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang mengungkapkan BPJS Ketenagakerjaan dapat membantu Pemkab untuk memperkecil timbulnya kemiskinan baru.

Implementasi Inpres no 4 tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, lanjut Sanco,  dapat menunjukkan peran BPJamsostek  untuk menanggulangi kemiskinan.

Sanco mengutarakan salah satu tujuan digelarnya Rakor  adalah  tindak lanjut Inpres No 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksaaan program BP Jamsostek.
Terkait penggunaan Alokasi Dana Desa bagi warga desa telah diatur lewat Peraturan Menteri Desa no 7 tahun 2021 dimana mengatur prioritas penggunaan dana desa.

“Disebutkan pada salah satu pasal, pemberian Jaminan Sosial bagi masyarakat miskin yang ada di desa dapat menggunakan dana desa,” terang Sanco.

"Kami sangat optimistis atas dukungan Pak Bupati dan seluruh jajaran OPD Pemkab Palas akan terjalin sinergi   untuk peningkatan coverage diwilayah Palas," tutup Sanco. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: