Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Sayurmatinggi Dihadiri Anggota DPRD Tapsel Dra.Maisyaroh dan Drs. H. Ali Adanan

/ Rabu, 22 Februari 2023 / 11.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun anggaran 2024  Tingkat Kecamatan Sayurmatinggi dihadiri anggota DPRD Tapsel Dra. Maisyaroh Dalimunthe dan Drs. H. Ali Adanan Nasution yang bertempat di aula Kantor Camat Rabu (22/2-2023).


Selain itu hadir juga  Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu SPt yang diwakili Kepala BAPPEDA Chairul Rizal Lubis ST MM,  Camat Sayurmatinggi, Kapolsek Batangangkola,  Jajaran OPD Pemkab Tapsel ,  Ibu Kepala Puskesmas,  Ketua BKMT Kecamatan, unsur Forkompimcam, Kepala Desa / Lurah se-Kecamatan Sayurmatinggi, Kepala. AkUA,  Kepala Sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. 

Pantauan awak media online rangkaian acara musrenbang Kecamatan Sayurmatinggi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan untuk mengambil berkah acara musrenbang RKPD  Tingkat Kecamatan Sayurmatinggi  pembacaan doa oleh Kepala KUA Sayurmatinggi. 

Camat  Sayurmatinggi Enri Cofermi Batubara M. Pd mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Sayurmatinggi, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan. “Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah, terang Camat

Keberhasilan suatu pembangunan adalah dengan perencanaan yang terarah dan terukur," ungkapnya. 

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan," ucapnya. 

Disampaikan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.

Selanjutnya Anggota DPRD Tapsel, Drs. H.  Ali Adanan Nasution menyampaikan bahwa musrenbang Kecamatan ini sebagai lanjutan musrenbang  desa/Kelurahan. Saya sangat bangga di Kecamatan  ini banyak yang datang  langsung Kepala Dinas,  dan tidak diperwakilkan.  

Lebih lanjut disampaikannya," Dalam musrenbang ini mari kita cari program yang menyentuh kebutuhan masyarakat baik pembangunan sosial budaya dan pembangunan infrastruktural,  dan pembangunan sekolah," ucapnya. 


"Seterusnya anggota DPRD Tapsel Dra.Maisyaroh Dalimunthe termasuk sudah banyak yang menyampaikan pengarahan dan yang terlupakan saya terdengar adalah  kesehatan.

Diharapkan Kepada Kepala desa/Lurah agar ditampung anggaran makanan tambahan untuk BALITA sebagai generasi penerus bangsa. 

Tolong Ibu PKK Desa, Ibu PKK Kecamatan makanan tambahan  Balita ini diprioritaskan, " ujarnya. 

Untuk dinas Pendidikan saya harapkan agar dianggarkan untuk anak kita yang tidak mampu untuk dibantu. Karena hal ini sangat membantu masyarakat sesuai visi misi Pemkab Tapsel yaitu masyarakat yang sehat, cerdas dan sekahtera, " ujarnya. 

Untuk Dinas Perhubungan Dinas Perdagangan mohon  disampaikan kepada pedagang agar jangan memakkai badan jalan untuk jualan untuk menghindari macet dan kecelakaan.  Karena penggunan jalan kenderaan bermotor hampir setengah jam melewati jalan tersebut," ujarnya. 

Kecamatan Sayurmatinggi adalah Kecamatan yang didambakan masyarakat sebagai temoat wisata,  untuk itu dimohon kepada  Kepala Desa Aek Libung usahakan untuk pembebasan lahan untuk wilayah Aek Sijornih karena ini dapat menambah PAD kita," harapnya. 


"Bupati Tapsel Yang diwakili Kepala BAPPEDA Tapsel Chairul Rizal ST MT dalam arahannya menyampaikan, " bahwa pemkab Tapsel mempunyai banyak program untuk masyarakat antara lain bantuan bibit ikan,  bantuan untuk program ketarampilan jahit menjahit dan lain sebagainya.

Untuk mewujudkan Masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera, mari kita usulkan pembangunan yang cukup prioritas yang menyentuh kepentingan masyarakat," ucap Bupati Tapsel.

Akhirnya dengan mengucapkan Bismilahirrohmanirrohim Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Sayurmatinggi secara resmi buka. 

Acara dilanjutkan membacakan  proyek anggaran tahun 2023 dan membacakan daftar kegiatan musrenbang RKPD tahun anggaran 2024  di Kecamatan  Sayurmatinggi dari BAPPEDA Tapsel dan dilanjutkan ekspose dari peserta musrebang baik dari Kepala desa/Lurah maupun dari OPD dari masing masing instansi. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: