Sekdakab Samosir Buka Rapat Konsolidasi Penanggulangan Kemiskinan

/ Rabu, 08 Februari 2023 / 15.38.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Atas nama Bupati Samosir, Pj. Sekdakab Waston Simbolon membuka Rapat Konsolidasi Data Kemiskinan dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem yang dilaksanakan USAID ERAT Provinsi Sumatera Utara rabu (8/2) di Hotel JTS Parbaba.

Pada Sambutannya Sekda mengatakan Rapat Konsolidasi Data Kemiskinan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem USAID ERAT (United State Agency for International for Development) tersebut sangat penting untuk mendukung program pemerintah dalam penuntasan kemiskinan ekstrem sesuai dengan  keputusan Peraturan Presiden RI nomor 96 Tahun 2015 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 

Dikatakannya bahwa kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah konkret penanganan yang sistematik, integratif dan holistik dalam mengurangi beban serta memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak melalui pembangunan yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan.

Penuntasan kemiskinan ekstrem dibutuhkan sinergitas dan kerjasama seluruh pihak terutama sinergitas antar OPD. Melalui kegiatan itu Sekda berharap OPD memberikan perhatian serius dengan mengacu pada 3 strategi utama penanggulangan kemiskinan ekstrem yaitu, pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan kantong-kantong kemiskinan. 

Dalam penuntasan kemiskinan, Pemkab Samosir telah menetapkan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) melalui Keputusan Bupati Samosir Nomor 321 Tahun 2021 dan telah menyusun dokumen rencana penanggulangan kemiskinan daerah  2021-2026. Jelasnya  

USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan menyampaikan rapat konsolidasi di Kabupaten Samosir untuk mendukung program pemerintah dalam penuntasan kemiskinan ekstrem, mewujudkan zero kemiskinan ekstrim pada tahun 2024.

"Menangani kemiskinan dengan duduk bersama. Kemiskinan ekstrem harus dikeroyok dan bukan hanya tanggung jawab  pemerintah saja, termasuk swasta, sehingga Samosir bebas dari kemiskinan ekstem tahun 2024 mendatang". ungkap Hawari. (PS/PARDIMAN)

Komentar Anda

Terkini: