Syukuran HPN Tingkat Samosi, "Pers Samosir Bersatu"

/ Rabu, 15 Februari 2023 / 16.07.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Di inisiasi dan disepakati sesama pelaku media, Syukurang HPN (Hari Pers Nasional) tingkat Kabupaten Samosir dengan Tema "Pers Samosir Bersatu" diselenggarakan selasa (14/2) di Aula HKBP Nainggolan Kecamatan Nainggolan. 

Syukuran Pers Bebas Demokrasi Bermartabat itu dihadiri Bupati Samosir Vandiko Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang dan para jajaran pemkab, Forkopimda, Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda. masyarakat Setempat dan para wartawan. 

Ketua Panitia acara Syukuran, Robin Nainggolan yang menerima Sertifikat Konvensi Media Massa pada HPN 2023 lalu mengatakan, sudah saatnya para pelaku media di daerah menjadi pers yang bertanggungjawab. "Ini menjadi pesan khusus Presiden Jokowi pada acar puncak HPN 2023," sebutnya. 

Pada acara syukuran yang mengambil tema "Pers Samosir Bersatu" itu, ia menekankan, jurnalis yang melakukan peliputan di Kabupaten Samosir idealnya mengikuti regulasi Dewan Pers, dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

"Khususnya di Samosir, media konvensional yang memiliki keredaksian sesuai regulasi semakin tertantang," beber Robin. 

Hal itu menurutnya diakibatkan konten-konten recehan yang sensasional yang mengorbankan kualitas isi dan jurnalisme otentik. "Maka pers di Samosir harus bersatu," imbuhnya. 

Maka dengan tegas dikatakannya, Pemkab Samosir melalui Dinas Kominfo, tetap mengedepankan pers yang bertanggungjawab dalam membangun kemitraannya dengan media massa. 

Selanjutnya disampaikan, pelaku media di Samosir harus bertanggungjawab dan bersatu dan mengedepankan profesionalisme secara independen. "Kritikan secara positif pasti akan mendorong pembangunan daerah menjadi optimal," ujarnya lagi.

Sebelum acara pemotongan kue syukuran yang dilakukan Ketua Panitia, Bupati dan Wakil, Forkopimda, Bupati Samosir Vandiko Gultom dalam Sambutannya mengucapkan Selamat atas syukuran HPN tingkat Kabupaten Samosir. 

Dikatakan Vandiko, Pemkab Samosir siap menerima kritikan dari wartawan melalui pemberitaan, namun harus positif dan membangun serta terlepas dari kepentingan pribadi. 

"Pers boleh mengkritik, tapi harus lepas dari kepentingan individu, kelompok. Mengkritiklah untuk kepentingan umum dan kemajuan Kabupaten Samosir". 

Selain menyajikan berita, Pers juga sebagai kontrol bagi pemerintah. Maka pers itu adalah mitra kerja pemerintah untuk memajukan daerah itu. Katanya. 

Vandiko berharap tema acara "Pers Samosir Bersatu", benar benar terlaksana untuk yang terbaik demi kebaikan dan Pembangunan Kabupaten Samosir. 

Tokoh Masyarakat, Mangiring Naibaho mengatakan Pers sebagai alat kritik,  alat kontrol yang memiliki tugas yang begitu luas, dan merupakan bagian dari pemerintah untuk mencapai tujuan dan visi misi. 

Dia juga berharap Pers di Samosir harus berkompeten, memperluas wawasan, pengetahuan, sehingga dapat juga memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Pemerhati Pers di Samosir, Op. Andika Sitanggang mengaku bangga terhadap pekerjaan Pers. "Tak mungkin Kabupaten Samosir bisa mekar tanpa dukungan dari pers".

Yang akrab disapa MJ itu juga berharap kiranya Pemkab Samosir memberikan perhatian terhadap pers yang ada di Kabupaten Samosir, baik melalui peningkatan kompotensi, sehingga wartawan di samosir lebih profesional. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: