Ini Lima Caleg Potensial NasDem Untuk DPRD Sumut Versi MRC

/ Minggu, 19 Maret 2023 / 16.17.00 WIB

 

Roni Al Hadi
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Mitra Resesrch Consulting (MRC) melakukan tracking terhadap sejumlah nama bakal caleg dari Partai NasDem yang berpotensi untuk duduk sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) dari Dapil Sumut 1 dan 2. 

Direktur Riset MRC, Muhammad Roni Al-Hadi merilis lima nama caleg yang diunggulkan masuk ke DPRD Sumut mewakili Partai NasDem. MRC yang merupakan lembaga konsultan pemilu dan politik selama ini melakukan tracking dan pencatatan rekam jejak para caleg yang berpotensi akan ikut pada Pemilu 2024. 

1. dr Mustafa Kamil Adam. Saat ini Mustafa Kamil Adam merupakan anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut 1 yang memperoleh 9.221 suara. Ia sebelumnya berprofesi sebagai dokter spesialis penyakit dalam yang dikenal luas di Sumut. Kiprah Mustafa Kamil di DPRD Sumut diyakini akan mendongkrak suara Partai NasDem di Dapil Sumut 1. 

2. Putrama Alkhairi. Dia merupakan mantan anggota DPRD Kota Medan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Putrama adalah salah satu tokoh Muhammadiyah yang dikenal luas di Sumut. Ia juga merupakan daah satu pengurus MUI Sumut. Pada Pemilu 2024 ini, Putrama berlabuh di Partai NasDem dan akan menjadi caleg DPRD Sumut dari Dapil Medan 2. Masuknya Putrama ke Partai NasDem diyakini akan ikut menyumbangkan suara dari warga Muhammadiyah. 

3. Defri Noval Pasaribu. Ketua Garda Pemuda NasDem Sumut ini dikenal luas dikalangan milenial. Jabatannya sebagai Ketua Garda Pemuda NasDem membuatnya sering turun dan berkomunikasi dengan masyarakat khususnya kalangan pemuda. Defri diyakini akan meraup suara yang besar lewat Garda Pemuda NasDem yang kerap melakukan berbagai kegiatan sosial dan kepemudaan. Pada Pemilu 2024 ini, Defri akan menjadi caleg DPRD Sumut dari Dapil Sumut 2.

4. Rico Wass. Ketua Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu) Sumut ini merupakan keponakan dari Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. Nama Rico Waas dikenal luas dikalangan pedagang dan UMKM di Sumut. Sayap organisasi Partai NasDem, Garpu Sumut yang dipimpinnya mulai dikenal oleh masyarakat. 

5. Ade Sandra. Caleg perempuan potensial ini merupakan Ketua DPW Garda Wanita Malahayati Partai Nasdem (Garnita Nasdem). Kiprah Ade Sandra di politik sudah terkenal luas. Aktivis perempuan ini mempunyai jaringan dan hampir membuatnya mencalon calon Walikota Medan. Ade Sandra diyakini akan ikut memberi kontribusi suara yang signifikan bagi Partai NasDem Sumut untuk menambah perolehan kursi. 

Sebagai informasi pada Pemilu 2019, Partai NasDem di Dapil Sumut 1 DPRD Sumut meraih 44.224 suara dengan hanya kebagian 1 kursi. Sementara PDI Perjuangan, PKS dan Gerindra masing-masing meraih 2 kursi dari 10 kursi yang diperebutkan. PDI Perjuangan perolehan 116.866 suara, PKS juga meraih 113.144 suara serta Gerindra memperoleh 107.991 suara. 

“Artinya jika ingin menambah perolehan kursi di Dapil Sumut 1 DPRD Sumut, maka NasDem harus memperoleh suara diatas 100 ribu,” kata Muhammad Roni Al-Hadi 

Sementara itu di Dapil Sumut 2 DPRD Sumut yang memperebutkan 7 kursi hanya PDI Perjuangan yang mendapatkan 2 kursi dengan raihan suara 129.271. Sedangkan Partai NasDem memperoleh 29.868 suara dan hanya dapat 1 kursi. 

“Maka itu menurut kami Partai NasDem harus bekerja keras untuk meraih penambahan kursi secara signifikan. Caleg-caleg potensial harus menjadi prioritas misanya diletakkan pada nomor 1 di daftar caleg,” kata Muhammad Roni Al-Hadi lagi. 

Dapil Sumatera Utara 1 
- Kota Medan A meliputi 1. Kec. Medan Kota, 2. Kec. Medan Denai, 3. Kec. Medan Deli, 4. Kec. Medan Belawan, 5. Kec. Medan Amplas, 6. Kec. Medan Area, 7. Kec. Medan Marelan, 8. Kec. Medan Labuhan, 9. Kec. Medan Tembung, 10. Kec. Medan Perjuangan dan 11. Kec. Medan Timur.

B. Dapil Sumatera Utara 2 
- Kota Medan B meliputi 1. Kec. Medan Sunggal, 2. Kec. Medan Helvetia, 3. Kec. Medan Barat, 4. Kec. Medan Tuntungan, 5. Kec. Medan Johor, 6. Kec. Medan Maimun, 7. Kec. Medan Polonia, 8. Kec. Medan Baru, 9. Kec. Medan Petisah dan 10. Kec. Medan Selayang. (PS/HS)
Komentar Anda

Terkini: