PLTA Batangtoru Bekerjsama Dengan Disdik Tapsel, Cabdisdik Sidimpuan dan Puskemas Marancar Udik Gelar FGD Dokter Remaja

/ Rabu, 15 Maret 2023 / 21.42.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-PLTA Batangtoru bekerjsama dengan Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan, Cabdisdik Wilayah XI Sidimpuan,  Puskesmas Marancar Udik menggelar  forum group discussion dokter remaja (FGD) dengan materi  kenali dan hindari HIV/ AIDS kepada dokter remaja SMP N 1 Marancar, SMP N 2 Marancar, MTs Swasta,Madrasah Aliyah Swasta,dan SMK 1 Marancar  ( 5 Sekolah) di aula SMP N 1 Marancar  Rabu (15/3-2023).


Rangkaian acara forum group discussion (FGD ) dokter remaja  
dimulai dengan  doa oleh komite SMP N 1 Marancar, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars UKS. 

Acara juga diselingi  persembahan tari dan vocal group  dari siswa/ i SMP N 1 Marancar membuat memukau para undangan yang hadir dalam acara forum group discussion (FGD). 

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan Kab.Tapanuli Selatan Arman Pasaribu S.Sos M.Si, Kacabdis wilayah XI Prov.Sumatera Utara yang diwakili Kasubbag TU Mangatas Siregar S.Pd, Camat Kecamatan Marancar Hj.Rosnanni Pasaribu, S.Pd MM yang diwakili Sekretaris Kecamatan, pimpinan  PT NSHE yang diwakili Jamal Hotma Harahap,Komite SMP N 1 Marancar, Kepala SMP N 1 Marancar Hj.Irma.Susiana Harahap,S.Pd, Kasek SMP N 2 Marancar Ratna Dewi Harahap S.Pd, Kepala Puskesmas Marancar Udik Evi Lesrina Asrin , tim Tenaga medis Puskesmas Marancar,  guru guru pembina UKS Se-Kecamatan Marancar dan undangan lainnya.


"Kepala SMP N 1 Maracar Hj.Irma Susiana Harahap S.Pd  sebagai tuan rumah dalam sambutannya antara lain menyampaikan," diharapkan kepada ananda dokter remaja apa materi yang diberikan Ibu Bidan bisa diterapkan pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan Kepala SMP N 1 Marancar," bahwa ilmu yang diperoleh dari ibu bidan jangan hanya sampai disini saja, kalau bisa harus ada aksi nyatanya dengan praktek Mudah mudahan acara ini diberkahi oleh Allah SWT, Ibu Derma dari yang dipercaya PLTA mensopori acara ini diberikan  kesehatan dan kita semua juga  dalam keadaan sehat walafiat," harap Kasek.

Kepala SMP N 1 Marancar berharap kepada ananda semua agar sungguh sungguh mendengarkan pemaparan dari Ibu Bidan Desa tentang kenali dan hindari HIV AIDS. Bila ada yang kurang dimengerti agar dotanyakan langsung kepada pemateri," ucapnya.

Selanjutnya Camat Marancar Hj.Rosnanni Pasaribu,S.Sos  yang diwakili Sekcam Marancar dalam sambutannya  antara lain menyampaikan permohonan maaf dan titip salam  Ibu Camat tidak bisa hadir dalam acara ini karena ada tugas kantor yang tidak bisa ditinggalkan.

Disampaikannya," saya cukup bangga melihat SMP N 1 Marancar karena ada bunga bunga  yang berwarna warni , ada rumah kaca.
 Saya senang melihat kondisi sekolah ini," ucap Camat.

Pada saat ini anak anak kami dokter remaja dan nanti diharapkan menjadi dokter benaran dari Kecamatan Marancar ini," harapnya.


Kacabdisdik Sidimpuan wilayah XI  yang diwakili Kasubbag TU Mangatas Siregar S.Pd mennyampaikan 
Pesan Bapak Kacabdis Pendidikan Sidimpuan  wilayah XI Bapak H.Sakti S.Pd M.Pd menyampaikan titip salam dan permohonan maaf beliau   kebetulan pada  hari ini mengikuti musrenbang di kota Padang Sidempuan. 

Kacabdisdik Pendidikan Sidimpuan wilayah XI yang diwakili Kasubbag TU berharap mudah mudaham kegiatan hari ini berjalan sukses.  Pihaknya juga memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada pihak PLTA atas pelaksanaan kegiatan FGD kepada dokter remaja.  

 Mudah mudahan anak anak kami dokter remaja mendapatkan ilmu tentang pelayanan kesehatan, dan diharapkan acara  ini  dilaksanakan secara berkelanjutan," harapnya. 

Lebih lanjut disampaikannya," kepada diharapkan  pihak perusahaan PLTA untuk memfasiltasi pelatihan kepada guru guru dan bantuan kepada siswa/i  berperestasi dan kurang mampu," harapnya.


Selanjutnya dari pihak PTNSHE Jamal Hotmal Harahap  menyampaikan kirim salam dari pimpinan tidak bisa hadir dalam acara  FGP ini  karema ada rapat kerja secara zoom di kantor.

Untuk kegiatan FGD pertama kali  sudah dilaksankan dibulan november Tahun 2022, dan yang kedua kali dilaksanakan hari ini di aula SMP N 1 Marancar," ujarnya.

Kegiatan FGD juga akan dilaksanakan  PLTA Batangtoru di Kecamatan lain ," ujarnya.

Selanjutnya Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu S.Sos M.Si  dalam arahannya menyampaikan kepada dokter remaja agar menerapkan poda na lima pada diri sendiri, seterusnya melaksanakan hasil pemaparan dari Ibu bidan desa," ujarnya.

Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu,S.Sos M.Si mengucapkan terimakasih kepada pihak PLTA Batangtoru yang telah memberikan dana CSR nya untuk bidang pendidikan. Kiranya  FGD ini dilaksanakan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan," harapnya.

Seterusnya dilaksanakan pemaparan dari Bidan desa dari Puskesmas Marancar Udik kepada dokter remaja dengan materi kenali dan hindari HIV/ AIDS kepada dokter remaja  untuk 5 Sekolah di Kecamatan Marancar untuk tingkat SMP dan SMK.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: