Tim UNESCO Global Geopark Tinjau Geosite Di Samosir

/ Minggu, 12 Maret 2023 / 23.40.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Menjelang Revalidasi terhadap Geopark Kaldera Toba, Tim UNESCO Global Geopark  melakukan kunjungan  Pra Revalidasi ke geosite yang ada Kabupaten Samosir, minggu (12/3) 

Kadis Pariwisata Tetty Naibaho menyambut 
tim pra revalidasi dipimpin Vice President of Global Geoparks Network Association (GGN), Profesor Emeritus Dr Ibrahim Komoo dan rombongan di Menara Pandang Tele Kecamatan Harian. 

Turut hadir dilokasi itu Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba Mangindar Simbolon, Kepala Bidang Edukasi dan Litbang BP Geopark Kaldera Toba Wilmar E. Simanjorang. 


Usai meninjau meninjau sekitaran kawasan menara pandang Tele, rombongan melanjutkan peninjauan ke kawasan geoasite Sibea-bea, perkampungan Simarmata (cagar budaya) Desa Hariarapohan Kec. Harian, Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba Sigulatti dan lainnya. 

Setelah mengunjungi sejumlah situs, Ibrahim Komoo bersama Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba juga melakukan penanam pohon jenis Sappinur di lokasi Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba. 

Dalam kunjungannya itu, Ibrahim Komoo memberikan beberapa masukan yang harus dilaksanakan Pemkab Samosir bersama pengelola Geopark menjelang kehadiran tim penilai dari UGG nanti.

Unesco Global Geopark (UGG) akan melakukan evaluasi dan validasi terhadap Geopark Kaldera Toba. Evaluasi dan Validasi dilaksanakan tim Asesor UGG sekali dalam 4 tahun dan akan menjadi penentu status Geopark Kaldera Toba di UGG berikutnya. Tahun ini  tim asesor akan melakukan evaluasi dan validasi ulang dan  penentuan status Geopark Kaldera Toba pada tahun 2024. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: