Tokoh Masyarakat Batang Angkola : Puluhan Tahun Kami Impikan Di Masa Bupati Dolly RSUD Pintu Padang Terwujud

/ Selasa, 07 Maret 2023 / 07.20.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Tokoh masyarakat Batang Angkola Abdullah Daulay mengapresiasi Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu yang telah mewujudkan mimpi masyarakat dengan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pintu Padang.



"Puluhan tahun kami memimpikan rumah sakit di daerah ini. Sudah banyak bupati, tapi hanya Dolly Pasaribu yang bisa mewujudkannya," ujar pria yang bergelar Raja Baginda Baringin itu. Menurutnya, nama Bupati Dolly akan selalu dikenang masyarakat, karena sudah mewujudkan keinginan masyarakat.


"Tanggal peresmian rumah sakit ini bisa saja lupa, tapi, nama beliau (Bupati Dolly) akan dikenang hingga anak cucu kami," ujarnya. Dijelaskan Baginda, setiap pergantian pemimpin, masyarakat Batang Angkola, Sayurmatinggi, Tano Tombangan Angkola, Angkola Muara Tais selalu menemui kepala daerah terpilih.


Dalam pertemuan itu, masyarakat selalu meminta kepala daerah agar membangun rumah sakit. Tapi, dengan Bupati Dolly, permintaan masyarakat yang sudah puluhan tahun tersebut bisa terealisasi.


Menurutnya, sejak era tujuh puluhan, masyarakat di Batang Angkola sudah mengusulkan pembangunan rumah sakit. Kala itu, usulan alm dr Paruhum Daulay yang pernah menjabat Direktur RS Pirngadi Medan tahun 1965-1969 yang memimpikan pertama kali agar dibangun rumah sakit disini, lalu masyarakat terus menerus memperjuangkan impian almarhum, meski sudah berlalu puluhan tahun sejak beliau cetuskan, ungkapnya.


"Bukti keseriusannya, tanah yang saat ini dijadikan lahan untuk berdirinya RSUD Pintu Padang adalah milik alm dr. Paruhum Daulay," ujarnya. 


Sementara salah seorang warga setempat Siti Samrah, mengatakan dengan hadirnya Rumah Sakit ini, maka masyarakat yang ingin berobat akan semakin lebih mudah.


"Kami sangat menyambut baik atas peresmian rumah sakit ini, karena sudah empat puluh tahun lebih kami mendambakan adanya rumah sakit di daerah ini, dan alhamdulillah baru Bupati Dolly rumah sakit ini terwujud," ungkapnya.


Sedangkan Lomsari Harahap seorang warga Angkola Muara Tais menuturkan hal yang sama, ia berterima kasih pada Bupati yang telah berjuang untuk mewujudkan rumah sakit disini.


"Saya melihat begitu besar perjuangan Pak Bupati Dolly untuk mewujudkan rumah sakit disini. Ini sungguh luar biasa, dan saya ucapkan terima kasih Pak Bupati," ujarnya.


Begitu juga dengan Erlina Nasution, warga Angkola Muara Tais berpendapat dengan adanya rumah sakit, masyarakat tidak lagi keluar Tapsel untuk berobat.


Sebelumnya, Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu mengatakan, peresmian rumah sakit tersebut adalah rangkain dari mimpi-mimpi masyarakat yang didengungkan selama ini sehingga berdiri RSUD Pintu Padang ini.


Menurutnya, Pemkab Tapsel akan terus mendorong pembangunan fasilitas yang ada di rumah sakit tersebut. Namun, tentu akan dilihat dari kemampuan anggaran. "Pembangunan rumah sakit ini akan dilakukan secara bertahap, sebab, masih banyak harapan masyarakat disektor kesehatan," ungkapnya.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, dengan berdirinya RSUD Pintu Padang, maka akan meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Sebab, masyarakat Batang Angkola, Sayurmatunggi, Tantom Angkola, dan Angkola Muara Tais, tidak harus jauh-jauh ke daerah lain untuk berobat. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: