20 Putra-Putri Tapsel Seleksi Magang Ke Jepang

/ Kamis, 11 Mei 2023 / 08.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Sebanyak 20 peserta putra-putri terbaik asal Tapanuli Selatan mengikuti seleksi magang ke Jepang. Sebelum diberangkatkan, peserta akan melewati tiga tahap seleksi yakni, pada tingkat kabupaten selama dua bulan setengah, lalu dilanjutkan seleksi tingkat provinsi dan tahap akhir seleksi tingkat Nasional, di Jakarta.


Hal itu disampaikan Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, saat membuka pelatihan magang, pada Rabu (10/5) di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tapsel, Siharang-Karang, Kota Padang Sidempuan. 


Lebih lanjut Dolly mengatakan, di tingkat kabupaten, peserta akan dibekali pelatihan bahasa Jepang, peningkatan IQ, begitu juga ketahanan fisik yang disesuaikan kondisi alam Jepang, oleh instruktur berpengalaman/berlisensi.


"Saya harap semua peserta patut bersyukur karena telah mendapat kesempatan besar ini, semoga lancar sampai tujuan, begitu mendapat pekerjaan yang baik tentunya bisa membahagiakan orang tua dan keluarga yang tinggal di Tapsel," harap Dolly.


Disamping itu Dolly juga berpesan kepada para peserta agar serius mengikuti magang tersebut agar kelak bisa membawa nama harum Tapanuli Selatan.


Sementara Kadis Ketenagakerjaan Achmad Raja Nasution menjelaskan, kesempatan magang ke Jepang merupakan ke dua kalinya, sejak 2022, dan sekarang 2023 yang dananya bersumber dari APBD Tapsel 2023.


"Program magang ke Jepang di masa pemerintahan Pak Bupati Dolly ini merupakan kedua kalinya kita lakukan yakni, mulai tahun 2022, dan 2023. Pada angkatan 2022 sebanyak sembilan peserta Insya Allah akan kita berangkatkan ke Jepang tahun ini. Selain ke Jepang kita juga membuka magang ke Korea," ungkap Raja.


Disisi lain, para peserta terlihat antusias, seperti halnya diungkapkan, Minda Mora Pasaribu satu-satunya peserta putri asal Kecamatan Marancar (Tapsel), merasa bangga bisa bagian dari peserta calon magang ke Jepang.


"Saya sangat bersyukur, dan saya akan belajar semaksimal mungkin untuk melewati proses seleksi selanjutnya agar saya bisa lolos berangkat ke Jepang, terima kasih Pak Bupati Dolly telah memfasilitasi kami," ungkapnya.


Hal yang sama juga diungkapan peserta lain yakni, Fadliansyah Siregar, asal Kecamatan Sipirok dan Galih dari Kecamatan Muara Batang Toru yang sangat antusias mengikuti program itu.


"Terima kasih pada Pemkab Tapsel, terutama kepada Bupati Dolly yang telah memfasilitasi kami, kami akan berjuang semaksimal mungkin, untuk melewati tahap-tahap seleksi agar bisa mengharumkan Pemkab Tapsel nantinya," ujar mereka kompak. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: