Pemkab Samosir Salurkan Bansos Bagi Penyandang Distabilitasi

/ Jumat, 28 Juni 2024 / 22.11.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Untuk kebutuhan dasar dan meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia terlantar, Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan bantuan sosial jumat (28/06) di kantor cabang BNI Pangururan. 

Bantuan sosial yang diberikan kepada 575 orang untuk tahun 2024 ini diserahkan langsung oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom didampingi Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo.

Adapun nilai bantuan uang tunai yang diserahkan sebesar Rp. 1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) selama setahun dengan sistem pencairan per semester sebesar Rp. 600.000, melalui mekanisme pencairan non tunai transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan bahwa pemberian bansos sudah direncanakan setiap tahunnya untuk mengurangi beban dan memberi semangat serta menunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat terutama lanjut usia, anak terlantar dan penyandang disabilitas. 

"Ini program Pemkab. Samosir semoga dapat sedikit membantu. Pemerintah tidak abai tapi memberikan perhatian, kami berharap mohon dimanfaatkan bantuan sebaik mungkin" ucap Vandiko 

Dijelaskannya, yang belum terdaftar sebagai penerima dapat mendaftarkan diri pada Dinsos PMD dan bantuan tersebut bisa didapatkan walaupun sudah mendapat bantuan dari pusat.

"Kalau masih ada saudara kita yang belum terdaftar mohon disampaikan agar didaftar untuk menerima bantuan dari Pemkab Samosir. Kalaupun sudah mendapat program pusat tetapi masih bisa mendapatkan bantuan ini, karena ini merupakan program khusus Pemkab. Samosir" tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Vandiko, selain memberikan bantuan, Bagi yang ingin berkarya dan punya semangat serta sebagai bentuk dorongan, Pemkab Samosir juga siap dalam pendampingan UMKMi bagi penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia terlantar. 

Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo menjelaskan bantuan diserahkan kepada penerima manfaat diluar panti sosial. Bantuan disalurkan setiap tahunnya, Pemkab Samosir sangat memberi perhatian minimal intervensi dalam pemenuhan kebutuhan dasar.
"Bantuan sosial diperuntukkan untuk kebutuhan dasar. Sumber dana murni dari APBD Kabupaten Samosir 2024" ungkap Agus. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: