Praktek Percaloan Diduga Marak di Dispendukcapil Deli Serdang

/ Rabu, 15 Maret 2023 / 09.44.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-
Praktek percaloan diduga kuat masih marak terjadi di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Deli Serdang.

Pantauan POSKOTASUMATERA.COM, pada Jumat (10/3/2023) sejumlah oknum diduga calo sibuk menawarkan jasa pengurusan surat surat seperti akte, KTP, Kartu Keluarga dan sebagainya.

Oknum diduga calo ini juga mengaku dapat mengurus semua berkas yang dibutuhkan dengan cepat melalui orang orang kenalan dalamnya."gampang itu"ujar calo ini.

Terbukti, para calo seakan mendapatkan perlakuan istimewa dalam mengurusi administrasi kependudukan itu. Konon, meskipun para calo nekat menerobos antrean tidak digubris oleh pihak Kantor Dispendukcapil Kabupaten Deli Serdang.

Menurut sumber yang enggan disebut namanya, bahwa para calo terlihat sangat akrab dengan oknum Dispendukcapil, bahkan sangat istimewa. “Buktinya, meskipun para calo selalu menyerobot antrean panjang pemohon administrasi kependudukan, pihak Dispendukcapil terkesan tutup mata,” jelasnya.

Salah satu warga mengaku marga Sembiring yang ditemui di Dispendukcapil mengaku bahwa dirinya juga menggunakan jasa calo untuk pengurusan surat surat yang ia butuhkan, karena lebih mudah dan cepat meski harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit " tidak apa apalah bang, dari pada dibolak balik terus tidak siap siap, " kata Sembiring.

Namun tak sedikit pula yang kecewa dengan keberadaan calo calo tersebut, dengan adanya calo calo tersebut, sejumlah pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). Pasalnya, dengan maraknya calo bergentayangan, mereka harus antre panjang, juga tak ada kepastian waktu selesai pengurusan berkasnya.

Terkait hal ini Kepala Dinas Dispendukcapil Kabupaten Deli Serdang Drs H Misran Sihaloho MSi, melalui Sekretaris Christina Helen Siagian S.Sos yang dikonfirmasi POSKOTASUMATERA.COM melalui sambungan WhatsApp, belum memberi tanggapan.(PS/HS)

Komentar Anda

Terkini: