Ketua Dekranasda Pakpak Bharat Buka Pelaksanaan Pelatihan Membayu

/ Sabtu, 27 Mei 2023 / 11.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT -  Ketua Dekranasda Pakpak Bharat, Ny.Juniatry Franc Tumanggor membuka pelaksanaan Pelatihan membayu dan aneka kreasi membayu dari bahan pandan di Balai Diklat BKPSDM Pakpak Bharat (25-26/05/2023)

Kegiatan ini kita laksanakan guna mendukung pelestarian budaya lokal dalam membayu agar tetap terjaga dan lestari sebagai sebuah warisan budaya Pakpak yang bernilai tinggi , disamping itu tentunya mendorong peningkatan pendapatan keluarga dan menumbuhkan pelaku-pelaku usaha baru khususnya produk membayu, jelas Ny.Juniatry Franc tumanggor.

Dua puluh orang peserta dari empat Desa, (Penanggalen Binanga boang, Ulu merah, Kuta tinggi dan Desa Siempat Rube) akan mengikuti kegiatan ini selama dua hari kedepan.

Kepala Dinas Dinas koperasi,Usaha Mikro, Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdaganganan Kabupaten Pakpak Bharat, Elhidayat Berutu, MAP menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan dasar membayu dari bahan pandan (bengkuang dan legging) tahun sebelumnya.

Tahun lalu peserta sudah mahir menganyam selampis, belagen dan kembal, sedangkan untuk kegiatan kali ini peserta dilatih untuk membuat produk kreasi dari bahan pandan menjadi beberapa produk kreasi lainnya yang memiliki nilai jual lebih tinggi berupa tas, sendal, dompet dan  kotak tisu, jelas dia. (PS/K.TUMANGGER).

Komentar Anda

Terkini: